posbekasi.com

Petaka Struktur Tanah Labil, Tanah Kolam Pemancingan Longsor Timbun Rumah dan Tiga Warga Tewas di Sukabumi

Tanah longsor merenggut tiga korban tewas di Desa Pasirdatar Indah, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Senin (24/10/2022). [Posbekasi.com /BPBD Sukabumi]

POSBEKASI.com | SUKABUMI – Tiga orang ditemukan dalam kondisi tak bernyawa akibat tertimbun material tanah longsor. Petaka itu diduga terjadi karena adanya rembesan air ke dalam tanah dari kolam pemancingan umum yang berada di bagian atas rumah korban di Kampung Ciletik, Desa Pasirdatar Indah, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Senin (24/10/2022).

“Ketika hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah tersebut, struktur tanah yang labil tanpa penguat lereng akan terkikis oleh rembesan air dan longsor ke bawah menimpa rumah korban dan permukiman lainnya. Di atas rumah korban ada kolam pemancingan umum. Ketika kolam diisi air, kok tidak penuh-penuh. Artinya ada kemungkinan air merembes ke dalam tanah. Kemudian hujan turun lebat. Jadilah tanah longsor itu,” ungkap Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Provinsi Jawa Barat, Hadi, Selasa (25/10/2022).

Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi bersama unsur gabungan dari TNI, Polri, Basarnas, relawan dan warga setempat bergotong-royong untuk mengevakuasi para korban dan melakukan upaya pembersihan material longsor.

*Hasil kaji cepat sementara, ada sebanyak 5 rumah yang mengalami rusak berat, 4 rumah lainnya terancam dan 1 ruko turut terdampak,” terang Hadi.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Selasa (25/10/2022), memperkirakan hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi dan dapat disertai petir masih berpotensi terjadi di wilayah Kabupaten Sukabumi hingga Kamis (27/10/2022).[AMH]

BEKASI TOP