Bekasi Online

Pengawas Sekolah Harus Melek Digital 4.0

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana usai melantik dan mengambil sumpah 49 pengawas TK, SD dan SMP di lingkup Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karawang di SMPN 2 Majalaya, Jumat 24 Desember 2021. [Posbekasi.com /IST]

POSBEKASI.com | KARAWANG – Pengawas sekolah merupakan jabatan strategis dalam menyelenggarakan pendidikan. Karena itu, pengawas juga dituntut beradaptasi dengan perkembangan jaman, terlebih di era digital.

“Para pengawas ke depan harus menguasai teknologi. Metode pendidikan dengan cara konvensional pelan pelan tidak akan digunakan lagi. Semua harus beradaptasi dengan perkembangan jaman era 4.O,” kata Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana saat melantik dan mengambil sumpah 49 pengawas TK, SD dan SMP di lingkup Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karawang di SMPN 2 Majalaya, Jumat 24 Desember 2021.

Menurut Cellica, sebagai perpanjangan tangan Disdikpora, pengawas sekolah diharapkan dapat membantu memperbaiki kualitas pendidikan Kabupaten Karawang menjadi lebih baik.

Ia mencontohkan, konsep pembelajaran siswa mengalami transformasi di masa pandemi, yakni pembelajaran tatap muka yang berganti dengan sistem online. Dari dua tahun tersebut, fakta di lapangan masih banyak para pendidik yang belum terlalu menguasai sistem pembelajaran daring.

“Padahal dua tahun ke belakang itu menjadi penentu kualitas dan hasil pembelajaran siswa di masa sekarang. Maka itu, ini menjadi sebuah tantangan bukan banya pada guru, melainkan juga kepala sekolah, penilik maupun pengawas,” ucap Cellica.[DIN]

BEKASI TOP