Bekasi Online

Kota dan Kabupaten Bekasi, Karawang Tak Masuk 36 Kabupaten/Kota Sehat

Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat memberikan penghargaan kabupaten/kota sehat di Jakarta, Rabu 17 November 2021. [Posbekasi.com /Kemenkes]

POSBEKASI.com | JAKARTA – Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan memberikan penghargaan kabupaten/kota sehat di Jakarta, Rabu 17 November 2021. Penghargaan tersebut merupakan wujud kondisi kabupaten/kota yang bersih, aman, nyaman, dan sehat untuk dihuni.

Kabupaten/kota sehat merupakan modal dasar untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang menjadi idaman bagi setiap penduduk di setiap daerah. Pemberian penghargaan kabupaten/kota sehat tahun 2021 dilaksanakan oleh pemerintah pusat sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada masyarakat.

Penyelenggaraan kabupaten/kota bertujuan untuk mendorong terwujudnya kondisi kabupaten/kota yang bersih, aman, nyaman dan sehat untuk dihuni. Kabupaten/kota sehat juga sebagai tempat bekerja bagi warga dengan cara terlaksananya berbagai program-program kesehatan dan sektor lain sehingga dapat meningkatkan sarana, produktivitas, dan perekonomian masyarakat.

Penyelenggaraan program kabupaten/kota sehat melibatkan banyak lintas sektor dan lintas program melalui tatanan dalam kabupaten/kota sehat.

Ada 7 tatanan kabupaten/kota sehat, antara lain ; Kawasan Pemukiman Sarana dan Prasarana Umum, Kawasan Tertib Lalu Lintas dan Sarana Pelayanan Transportasi, Kawasan Industri dan Perkantoran Sehat, Kawasan Pariwisata Sehat, Ketahanan Pangan Dan Gizi, Kehidupan Masyarakat Sehat yang Mandiri, Serta Kehidupan Sosial yang Sehat.

Dengan terwujudnya tatanan-tatanan tersebut yang sesuai dengan standar akan mendukung pembangunan berwawasan Kesehatan sebagai modal tercapainya derajat kesehatan yang setinggi-tingginya.

Berikut 36 kabupaten/kota peraih penghargaan sehat:

25 kabupaten/kota peraih Swasti Saba Wistara:

1. Kota Padang Panjang
2. Kabupaten Sukabumi
3. Kota Semarang
4. Kabupaten Banyuwangi
5. Kabupaten Ngawi
6. Kabupaten Ponorogo
7. Kabupaten Lamongan
8. Kabupaten Gresik
9. Kota Blitar
10. Kota Tomohon
11. Kabupaten Pinrang
12. Kabupaten Soppeng
13. Kabupaten Bantaeng
14. Kabupaten Barru
15. Kabupaten Wajo
16. Kabupaten Luwu
17. Kabupaten Gowa
18. Kabupaten Takalar
19. Kabupaten Sinjay
20. Kabupaten Jeneponto
21. Kabupaten Enrekang
22. Kabupaten Luwu Timur
23. Kabupaten Pare-Pare
24. Kabupaten Baubau
25. Kabupaten Palopo

4 kabupaten/kota peraih Swasti Saba Wiwerda:

1. Kabupaten Tebo
2. Kota Pangkal Pinang
3. Kabupaten Sumedang
4. Kabupaten Nganjuk

7 kabupaten/kota peraih Swasti Saba Padapa:

1. Kabupaten Lampung Selatan
2. Kabupaten Bandung
3. Kabupaten Majalengka
4. Kota Sukabumi
5. Kabupaten Tegal
6. Kabupaten Boyolali
7. Kabupaten Banjar.[CHY]

BEKASI TOP