Bekasi Online

Normalisasi Irigasi dan Pembangunan Embung Atasi Kekeringan dan Banjir

Anggota Komisi IV DPRD Jabar, Hj. Iis Turniasih. [Posbekasi.com /IST]
POSBEKASI.COM | BANDUNG – Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih menjadikan pembangunan infrastruktur salah satu prioritas dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2020-2024.

Anggota Komisi IV DPRD Jabar, Hj. Iis Turniasih, mengatakan melalui pembangunan infrastruktur yang terpadu diharapkan dapat meningkatkan daya saing, menjamin keadilan sosial, dan memperkuat persatu nasional.

“Pembangunan infrastruktur tidak bisa berdiri sendiri, namun harus dikoneksikan dengan pengembangan wilayah-wilayah produktif seperti area industri, pariwisata, bandara, dan pelabuhan. Pemerintah, baik dari pusat, provinsi maupun kabupaten/kota juga berusaha sebaik mungkin memperhatikan aspek pelestarian lingkungan mulai dari tahap desain, konstruksi, operasi, dan pemeliharaan,” kata Hj. Iis Turniasih dikutip dalam keterangannya, Kamis 14 Oktober 2021.

Legislator PDI Perjuangan asal Dapil Jabar X Kabupaten Karawang-Purwakarta ini mengapresiasi langkah Pemerintah Kabupaten Karawang yang telah melakukan normalisasi irigasi dan menertibkan bangunan liar di sekitar saluran irigasi untuk mengatasi masalah kekeringan sawah saat kemarau.

“Kekeringan sawah yang terjadi di wilayah Kabupaten Karawang seperti di Batujaya, Rengasdengklok dan Pakisjaya itu karena berbagai faktor. Di antaranya karena pendangkalan saluran irigasi dan banyaknya bangunan liar, normalisasi dan penertiban bangunan liar di saluran irigasi bertujuan agar debit air yang mengalir tidak terhambat,” kata Iis.[POB]

BEKASI TOP