Bekasi Online

Gebyar HUT Karawang 388 Tahun Perbanyak Sosial

338 Tahun Kabupaten Karawang. [Posbekasi.com /Diskominfo]

POSBEKASI.COM | KARAWANG –  Hari Ulang Tahun Kabupaten Karawang tinggal menghitung hari, sejumlah program dipersiapkan untuk menyemarakan hari jadinya ke-388 tahun.

Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana menginginkan kegiatan peringatan HUT yang akan dilaksanakan 14 September mendatang digelar dengan cara berbeda, namun sederhana dan bisa dirasakan oleh masyarakat pelosok desa.

“Gebyar HUT Karawang tahun ini harus dirasakan oleh seluruh masyarakat meskipun kita harus membatasi mobilitas masyarakat. Pastinya kita juga harus meniadakan kegiatan-kegiatan yang menimbulkan kerumunan. Sebagai gantinya, saya menginstruksikan seluruh dinas memperbanyak kegiatan sosial,  juga ada manfaat untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat,” kata Bupati dalam rapat persiapan rangkaian HUT Karawang ke 388 di Aula Lantai 3 Gedung Singaperbangsa Karawang, Jumat (3/9/2021).

Dalam arahannya, setiap rangkaian program peringatan HUT Karawang oleh dinas harus menerapkan angka 388, seperti usia Kabupaten Karawang saat ini.

“Saya tekankan agar seluruh dinas harus menerapkan angka 388 dalam setiap rangkaian program HUT Karawang, biar gaungnya sampai ke masyarakat selama satu bulan ini,” terangnya.

“Bukan hanya dinas saja, dari BJB juga nanti akan memberikan beasiswa kepada 388 siswa yang berprestasi dengan nilai Rp 388.000, dan PDAM juga sama akan ada promo pemotongan iuran sebesar Rp 388.000 selama bulan ini,” tambahnya.

Khusus bagi ASN, Bupati mengintruksikan agar berbelanja kepada pelaku ekonomi rendah. Mereka wajib membeli barang belanjaan dengan total nominal Rp 388 ribu dalam satu kali transaksi.

“Dan belanjanya harus ke warung biasa, bukan moderen ataupun retail,” ungkapnya.

Selain itu, Bupati juga akan memberikan penghargaan kepada warga Karawang yang berprestasi. Minimal prestasi di tingkat Jawa Barat.

“Nanti saya akan memberikan Kadeudeuh buat warga Karawang yang telah mengharumkan nama daerah di semua bidang maupun ajang,” katanya.

Sejumlah rangkaian program telah dipaparkan oleh para perwakilan dinas dalam rapat tersebut sebagai berikut :

° Disnakertrans berencana akan menyiapkan 388 orang untuk magang di perusahan.

° DP3A akan memberikan ‘kadeudeuh’ atau bingkisan hadiah bagi bayi yang lahir tetap di HUT Karawang, pada 14 September 2021.

° Bappeda, Dinkes, dan Baznas merencanakan membagikan donasi ke 388.000 anak yatim piatu.

° Disperindag akan membuka bazzar sembako murah dengan harga Rp 38.800, dan pembagian beras premium 5 kilogram.

° DPPKB akan membagikan sebanyak 388 alat kontrasepsi.[DIN]

BEKASI TOP