posbekasi.com

Kades Babelan Kota Harapkan BUMDES Lahirkan Industri Kreatif Topang Ekonomi Masyarakat Masa Pandemi Covid-19

Kepala Desa Babelan Kota, David Saidih menyerahkan surat keputusan kepada Moh. Mardu Subhan sebagai Direktur BUMDES pada pelantikan BUMDES Babelan Kota periode 2020-2025 di Aula Kantor Desa Babelan Kota, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, Selasa (10/11/2020).[POSBEKASI.COM/Ghajali Hasibuan]

POSBEKASI.COM | CIKARANG – Kepala Desa Babelan Kota, Kecamatan Babelan, Kabupaten  Bekasi, David Saidih, berharap Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dapat mengkoordinir pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan bisa melahirkan industri kreatif  sehingga bisa menopang penguatan ekonomi masyarakat di tengah resesi ekonomi dampak dari pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang tengah melanda.

“Adanya BUMDES ini dapat mengakomodir pelaku UMKM khususnya di kawasan Desa Babelan Kota. BUMDES ini juga diharapkan bisa melahirkan  industri kreatif yang bisa memberdayakan masyarakat desa  sehingga menjembatani upaya penguatan ekonomi di Desa Babelan Kota di tengah resesi ekonomi dampak pandemi Covid-19,” kata David Saidih saat melantik Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Desa Babelan Kota di Aula Kantor Desa Babelan Kota, Selasa (10/11/2020).

Acara pelantikan tersebut dihadiri Sekretaris Desa Babelan Kota, Supriyadi beserta jajaran Pemerintah Desa BPD, Lembaga Desa, tokoh masyarakat dan tokoh agama, beserta Direktur BUMDES  Moh. Mardu Subhan, SPd, MM, dan jajaran pengurus BUMDES periode 2020-2025.

Lebih lanjut Kades David menyatakan pendirian dan pengelolaan BUMDES merupakan perwujudan dari pengelolaan ekonomi produktif desa yang dilakukan secara terbuka, transparansi, koorperatif, partisipatif, emansipatif dan akuntabel.

Dengan demikian kata Kades David, BUMDES bisa meningkatkan pendapatan asli desa dan menjadi harapan masyarakat dengan meningkatkan potensi desa sesuai kebutuhan masyarakat.

“Sehingga BUMDES menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi sebagaimana diharapkan masyarakat,” ujar Kades David.

Kampung Wisata

Semetara, Direktur BUMDES Moh. Mardu Subhan menyatakan kepengurusannya segara  menyusun program jangka pendek dan jangka panjang dalam pengelolaan BUMDES ke depannya.

“Salah satu program jangka pendek yakni mengelola dan mengoptimalkan seluruh unit pengelolaan yang sudah ada sebelumnya,” ungkapnya.

Dikatakannya, BUMDES yang dinakhodainya lima tahun ke depan akan mengoptimalkan potensi desa. “Sehingga BUMDES ini ke depan harus menjadi pilar terdepan untuk memenuhi kebutuhan berbasis masyarakatnya sendiri,” terangnya.

Menurutnya, BUMDES Desa Babelan Kota ke depannya mempunyai program pemberdayaan ekonomi kreatif dan inovatif ‘Kampung Wisata’.

“Ke depan BUMDES punya Kampung Wisata, dan kami juga akan menciptakan dan mengoptimalkan pelaku UMKM dengan menggali semua potensi desa. Kami akan bekerja aktif dan kreatif dalam melaksanakan  penuh tangung jawab,” ucap Mardu.[JAL]

BEKASI TOP