Wali Kota Ungkap Klaster Pabrik PT Bridgestone Terpapar Covid-19

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi memberi arahan pada rapat kerja LKS TRIPARTIT tahun 2020 diselenggarakan Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi di Hotel Aston Imperial Bekasi, Kamis (17/9/2020).[POSBEKASI.COM/IST]

POSBEKASI.COM | BEKASI – Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengakui satu klaster pabrik di Kota Bekasi terpapar Covid-19. Namun, Rahmat tidak menjelaskan jumlah karyawan pabrik yang positif Covid-19.

“Khususnya untuk pabrik yang berada di Kota Bekasi ada satu perusahaan yang terdampak Covid-19 hanya PT Bridgestone, keberadaannya setelah dilakukan pengecekan memang ada terpapar akan tetapi untuk perusahaan lainnya tidak terdampak,” ungkap Rahmat saat memberikan arahan pada rapat kerja LKS TRIPARTIT tahun 2020 diselenggarakan Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi di Hotel Aston Imperial Bekasi, Kamis (17/9/2020).

Hal ini memastikan bahwa pada tiap perusahaan perlu memakai protokol kesehatan yang ketat sehingga tidak adanya penambahan kembali di klaster perusahaan. Dengan ini keperluan adanya masker yang harus dipakai setiap para pekerja tertib secara bersama menggunakan agar tiap para pekerja bisa meminimalisir adanya penularan.

“Dari diri kita tidak tau adanya virus atau tidak, maka dari itu perlunya memakai masker, menggalakkan masker untuk meminimalisir penularan, tentunya dengan jarak juga di perhatikan. Dari masker tersebut walau hanya benda kecil sebagai penutup hidung dan mulut, tapi virus tersebut lewat saluran pernafasan, sehingga jika kita menutupnya akan lebih waspada,” terangnya.

Perlu diperhatikan juga bahwa usia di atas 60 baik pimpinan perusahaan atau lainnya sudah tidak bisa keluar rumah lagi, dimaksudkan karena faktor usia sangat rentan dalam penularan dengan cepat karena imun tubuhnya bisa lebih turun dari usia yang aktif. “Maka jika kita sudah berumur 60 tahun keatas agar lebih lagi kewaspadaannya dan diam di rumah saja,” ujar Rahmat.

Kota Bekasi mengalami peningkatan kembali dengan adanya penambahan terpaparnya Covid-19. Pada akhir Juni saat Presiden RI datang ke Kota Bekasi menyatakan tahap New Normal bahwa angka kematian pun tidak ada. “Akan tetapi pada saat ini sedang terjadi kembali. Maka dari itu, sosialisasi penggunaan masker dan lainnya sedang di galakkan kembali di tiap wilayah,” kata Rahmat.

Dalam kegiatan rapat kerja membahas penanganan Covid-19 di perusahaan, dihadiri Kadis Tenaga Kerja Ika Indah Yarti, Ketua APINDO Purnomo, dan unsur Apindo (anggota LKS TRIPARTIT) Ketua SPSI, Fajar dan unsur pekerja serikat (anggota LKS TRIPARTIT).[ISH]

Pin It

Comments are closed.