Pelaku Penusuk Syekh Ali Jaber Peragakan 17 Adegan

Alfin Adrian pelaku penusuk Syekh Ali Jaber (peran pengganti) memperagakan 17 adegan di lokasi kejadian Masjid Falahudin, Tamin Sukajawa, Bandar Lampung, pada gelar rekonstruksi, Kamis (17/9/2020).[Transindonesia.co/Polda Lampung]

POSBEKASI.COM | LAMPUNG – Alfin Adrian (24) pelaku penusuk Syech Ali Jaber peragakan 17 adegan dalam rekonstruksi yang digelar Tim Penyidik Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Bandar Lampung, di lokasi kejadian Masjid Falahudin, Tamin Sukajawa, Bandar Lampung, Kamis (17/9/2020).

Rekonstruksi 17 adegan itu dilakukan di dua lokasi berbeda dengan dibantu beberapa orang sebagai pemeran pengganti dikawal 90 personil gabungan mengamankan jalannya rekonstruksi.

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad menyatakan secara keseluruhan adegan yang diperagakan tersangka dan para pemeran pengganti, sudah sesuai dengan berita acara penyidikan (BAP) pada saat kejadian hingga penetapan tersangka. Apa yang tersangka lakukan dalam kejadian, semuanya sudah sesuai dengan yang diyakini penyidik.

“Ada dua tempat dalam rekonstruksi yakni di rumah tersangka dan Masjid Falahuddin. Kami disaksikan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dimana surat pemberitahuan dimulainya penyidikan (SPDP) sudah dikirim ke Kejaksaan Negeri Kota Bandar Lampung. Kami sudah mengirimkan surat pemberitahuan perkembangan hasil penyidikan (SP2HP),” kata Kombes Zahwani.

Jaksa Penuntut Umum akan mengawal kasus ini mulai dari penyidikan hingga penuntutan terhadap tersangka Alfin. Adapun penerapan KUHP dan sudah sesuai proses scientific crime investigation. Dalam artian semua sudah dilalui dan diselesaikan, terkait tersangka dalam keadaan apa yang dilakukan saat kejadian.

Terkait ada tidaknya kelompok yang menunggangi, rekonstruksi dalam hal BAP ini kewenangan penyidikan sesuai undang-undang keterbukaan informasi publik. Nantinya ada informasi sesuai penyidikan, jadi saat ini kita sesuai fakta dan data hukum yang terjadi di lapangan,” ujar Zahwani.[]

Sumber: Transindonesia.co

Pin It

Comments are closed.