Penyebab Ledakan Gas di PT Semar Gemilang Akhirnya Terkuak

Pasca ledakan di PT Semar Gemilang, mobil pemadam kebakaran disiagakan di depan pintu masuk pabrik

POSBEKASI.COM | CIKARANG – Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri menyimpulkan penyebab ledakan dan kebakaran yang terjadi di PT Semar Gemilang pada 28 Januari lalu karena terlepasnya valve pengisian gas.

Kapolres Metro Bekasi, Kombes Hendra Gunawan mengatakan berdasarkan hasil kesimpulan dari Puslabfor setelah melakukan penyelidikan selama kurang lebih 2 pekan, valve yang berfungsi sebagai katup aliran gas terjadi kebocoran saat dialirkan dari gudang penyimpanan gas ke mobil tangki.

“Valve itu terlepas saat dialiri gas, karena pengemudi mobil tangki sudah terlebih dahulu melaju kedepan sebelum valve ditutup,” katanya di Cikarang, Jumat (14/2/2020).

Menurutnya, sejauh ini belum dilakukan penentapan sanksi pidana dari hasil itu karena kasusnya tengah dilimpahkan dari Polsek ke Polres.

Sementara itu, kejadian ledakan gas dan kebakaran mengakibatkan puluhan korban luka-luka ringan dan berat, bahkan luka bakarnya mencapai lebih dari 70 persen.

Lima dari 7 orang yang dirawat karena luka bakar itu meninggal dunia setelah menjalani perawatan di rumah sakit.

Rumah di sekitar pabrik pengisian gas yang lokasinya di Jalan Raya Sukaringin Desa Sukaringin Kecamatan Sukawangi Kabupaten Bekasi tersebut mengalami retak-retak serta 15 mobil tangki yang berada disana juga terbakar. **

Sumber : Dakta.com

Pin It

Comments are closed.