posbekasi.com

BNPB Susun Dokumen Kontijensi Gempa Kota Bekasi

Workshop Penyusunan Dokumen Rencana Kontijensi Gempa Bumi BPBD mulai 25 – 29 November 2019 di Hotel Merapi Merbabu, Kota Bekasi.[POSBEKASI.COM/IST]
POSBEKASI.COM | BEKASI – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggelar Workshop Penyusunan Dokumen Rencana Kontijensi Gempa Bumi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi  selama lima hari  mulai 25 – 29 November 2019 di Hotel Merapi Merbabu, Kota Bekasi.

Staf Ahli Wali Kota Bekasi Bidang Perekonomian, Kemasyarakatan dan Pembangunan, Sudarsono, resmi mmebuka workshop tersebut, Selasa ( 26/11/2019), diikuti berbagai stakeholder seperti, TNI, Polri, Dinas terkait.

Sudarsono mengharapkan Kota Bekasi mempunyai dokumen tentang gempa bumi, dimana apabila nanti terjadi gempa bumi akan menjadi rencana operasi atau rencana aksi.

“Kita harus mampu mengetahui potensi gempa bumi di Kota Bekasi  seperti apa.  Bahwasannya kita harus selalu siap menghadapi bencana tersebut,” katanya.

Diharapkan edukasi terhadap masyarakat di Kota Bekasi dengan adanya rencana kontijensi ini akan ditindak lanjuti dengan berbagai simulasi bencana agar bisa meminimalisir korban jiwa.

Sementara, Kepala Seksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD kota Bekasi, Edy Sukamto menyatakan kegiatan ini menjadi rencana aksi ataupun rencana operasi di lapangan saat terjadi bencana gempa bumi di Kota Bekasi.

Menurutnya, dokumen tersebut akan menjadi pedoman bagi BPBD Kota Bekasi dalam melakukan kegiatan tanggap darurat dan kesiapsiagaan serta apa yang harus dilakukan tatkala terjadi bencana gempa bumi di Kota Bekasi.

“Kami juga akan selalu siap untuk memberikan edukasi ataupun mensosialisasikan tentang kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana gempa jika terjadi. Dengan memahami hal tersebut kami berharap nantinya masyarakat bisa mengevakuasi secara mandiri minimal dirinya sendiri dan keluarganya,” ungkapnya. [ISH]

BEKASI TOP