Polda Metro Dispensasi Perpanjangan SIM Selama Wabah Corona

Petugas SIM Daan Mogot berlakukan sterilisasi bagi warga mengurus SIM di Kantor Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta Barat, Jumat (27/3/2020). [POSBEKASI.COM/COK]

POSBEKASI.COM | JAKARTA – Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo memberi dispensasi bagi warga yang habis masa berlaku SIM nya selama penerapan social distancing dalam upaya pencegahan meluasnya wabah pandemi virus corona (Covid-19).

Kepala Seksi SIM Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Lalu Hedwin Hanggara menyatakan layanan di Satpas SIM Daan Mogot tetap buka namun warga yang datang akan diperiksa suhu tubuhnya juga dianjurkan membersihkan tangan dengan hand sanitizer.

“Layanan SIM di Polda Metro Jaya secara keseluruhan akan terus dievaluasi menyesuaikan dengan perkembangan dan kebijakan pemerintah. Layanan tetap berjalan, antara lain uji praktik mengemudi bagi warga yang membuat SIM,” kata Kompol Lalu Hedwin kepada wartawan di Kantor Satpas SIM Daan Mogot, Jumat (27/3/2020).

Diakuinya, secara keseluruhan memang terjadi penurunan jumlah warga yang datang ke Kantor Satpas SIM Daan Mogot sekitar 50-60 persen. “Dengan penurunan jumlah kedatangan warga, kami juga dapat menerapkan social distancing dan physical distancing secara efektif,” katanya.

Namun demikian Lalu Hedwin mengatakan layanan kepada masyarakat dan pencegahan meluasnya wabah virus corona maupun Covid-19 berjalan beriringan. “Kami terapkan social and physical distancing, jarak antara petugas dan pengunjung minimal satu meter. Begitu juga antar pengunjung, jika mengantre jaraknya minimal satu meter,”  ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan layanan SIM di luar Kantor Daan Mogot, Polda telah menutup beberapa gerai, antara lain di Mal Pelayanan Publik Jakarta Selatan. Kemudian, layanan SIM di Pluit Village mall.

“Sedangkan untuk warga yang terlambat memperpanjang SIM karena perkembangan situasi, Polda Metro Jaya akan memberikan dispensasi. Misalnya bagia para tenaga medis yang bekerja dan harus berisitrahat di tempat khusus. Begitu juga warga yang dirawat atau terkendala pembatasan kegiatan,” pungkasnya. [COK]

Pin It

Comments are closed.