posbekasi.com

Piala Dunia U-20, DPRD Jabar Minta Pemprov Bentuk Panitia Ad Hoc

Wakil Ketua Komisi V DPRD Jabar Abdul Hadi Wijaya.[POSBEKASI.COM/IST]
POSBEKASI.COM | BANDUNG – Wakil Ketua Komisi V DPRD Jabar Abdul Hadi Wijaya, mendorong Pemdaprov Jabar membentuk panitia ad hoc sebagai upaya persiapan mendukung perhelatan Piala Dunia U-20 Tahun 2021.

Seperti diketahui bahwa Indonesia terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 pada Tahun 2021, 10 stadion  sebanyak 4 stadion di Jawa Barat direncanakan menjadi venue ajang sepak bola tersebut.

“Sejak sekarang perencaananya harus sudah digodok. Jadi kami mendorong pemerintah nanti supaya membentuk semacam kepanitian ad hoc, seperti kepanitian PON yang terpadu antara provinsi dengan semua yang punya kaitan,” katanya kepada wartawan,  Ahad (3/11/2019).

Ia menambahkan, panita ad hoc tersebut harus segera dibentuk seperti halnya diterapkan saat Jawa Barat menjadi tuan rumah gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX dan Peparnas XV Jabar 2016.

Lebih lanjut Hadi berharap, pelaksanaan Piala Dunia U-20 di Jabar dapat berdampak pada percepatan pembangunan hingga ekonomi masyarakat, khususnya penuntasan dan revitalisasi infrastruktur olahraga.

“Misalkan sekarang jalan tol harus segera beres seperti yang sekitar Stadion Pakansari misalnya. Jadi infrastruktur juga beres,” ucapnya.

Dengan waktu yang tersisa, pihaknya ingin Jawa Barat segera mempersiapkan diri untuk memberikan service terbaik kepada delegasi setiap negara yang akan berlaga pada ajang tersebut.

“Mulai penyelenggaraan, keramahtamahan, even-even pendamping, kemudian penampilan budaya dan keragaman Jabar,” katanya.

“Ini harus dimanfaatkan untuk semacam endorser bagi bisnis bisnis yang ada di Jabar, termasuk UMKM,” ucap Hadi menambahkan.

Untuk mensukseskan gelaran Piala Dunia U-20 di Jabar,  Ia mengajak seluruh stakeholder terkait untuk bersinergi. Menurutnya sinergitas antara pemerintah provinsi dan kabupaten kota yang wilayahnya akan digunakan sebagai venue pun mutlak harus dilakukan dengan baik.

“Supaya menyiapkan even ini menjadi benar benar bernuansa yang layak untuk level internasional ya. Tantangan berat gubernur untuk bisa bekerja sama dengan kabupaten kota terdekat dengan venue,” pungkasnya.

Diketahui, 10 stadion di Indonesia diproyeksikan sebagai venue Piala Dunia. Empat stadion di antaranya berada di Jawa Barat. Empat stadion tersebut yakni Stadion Pakansari (Bogor), Stadion Wibawa Mukti (Cikarang), Stadion Patriot Candrabhaga (Bekasi), dan Stadion Si Jalak Harupat (Bandung).[POB]

BEKASI TOP