Dinkes Karawang Waspadai Sebaran Hepatitis A di Musim Kemarau

Plt Kepala Dinkes Karawang Nurdin Hidayat.[IST]

POSBEKASI.COM | KARAWANG – Pemkab Karawang mewaspadai penyebaran penyakit tropis yang kerap merebak di musim kemarau. Salahsatu penyakit yang dipantau adalah hepatitis A.

“Kami pantau sebaran hepatitis A di sejumlah titik,” kata Plt Kepala Dinkes Karawang, Nurdin Hidayat, Selasa (16/7/2019).

Meski belum ditemukan peningkatan penyakit hepatitis A di masyarakat, ia telah menginstruksikan sejumlah petugas untuk memonitor penyakit tersebut. “Kita harus waspada. Jangan sampai kecolongan. Kalau ditemukan kita cegah sedini mungkin,” katanya.

Ia menuturkan, pihaknya tak ingin kecolongan oleh penyebaran penyakit tersebut. Sebab, di daerah lain, penyakit hepatitis A telah menyebar. Pengidapnya makin hari makin banyak. “Kita usahakan untuk perhatikan terus. Jika ditemukan, isolasi bisa dilakukan,” tuturnya.

Dia juga berpesan kepada masyarakat untuk mewaspadai penyakit ini. Hepatitis A, biasanya menyebar lewat makanan, oral dan sanitasi. “Biasanya sangat berkaitan dengan kebersihan. Kami harap gaya hidup bersih makin digalakan,” ujarnya.

Saat ini, katanya sebaran penyakit tropis di masyarakat saat kemarau belum begitu parah. Rata – rata laporan masuk, adalah penyakit diare, batuk, pilek dan ISPA. “Kita monitor semuanya,” ungkapnya.[DIN/POB]

Pin It

Comments are closed.