Bekasi Online

Mudik Happy

Ilustrasi Mudik.[NET]
POSBEKASI.COM – Mudik menggunakan sepeda motor semestinya tidak lagi menjadi primadona, walaupun bagi sebagian masyarakat Indonesia setiap menjelang lebaran masih menggunakan sepeda motor.

Berbagai alasan dari anggapan lebih efektif ketimbang moda transportasi lainnya, jarak waktu yang singkat dan biaya yang murah menjadi salah satu pertimbangannya.

Namun, di balik semua itu penggunaan sepeda motor paling rentan bila ditilik dari sisi keselamatan. Belum lagi para pengendara sepeda motor masih banyak yang mengabaikan aspek keselamatan. Bahkan pengguna sepeda motor disebut menjadi salah satu faktor terbesar terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Sepeda motor memang efektif, murah, cepat, dan dinamis. Tapi ketika bicara keselamatan ini yang harus dipikirkan.

Mudik menggunakan sepeda motor memang tak dilarang, namun aspek keselamatan harus menjadi prioritas utama. satu nyawa yang hilang sangat berharga. Perlu diingat bahwa kecelakaan lalu lintas bisa menjadi pintu masuk kemiskinan.

Tak hanya karena korban meninggal, mereka yang terluka pun berpotensi tak lagi produktif pascakecelakaan. Ini yang harus ditanamkan. Ketika berlalu lintas kita bisa jadi korban, pelaku, atau penyebab kecelakaan. Terpenting lalu lintas adalah refleksi budaya bangsa yang harus dibangun secara komprehensif dan sistematis.

Warga yang mudik dengan kendaraan pribadi diimbau mempersiapkan terlebih dahulu, entah fisik maupun kondisi kendaraannya.  “Utamakan disiplin demi keselamatan berlalu lintas, sehingga pemudik bisa lancar dan aman tiba di kampung halaman”.

Pengendara harus istirahat ketika lelah atau mengantuk. “Lebih baik cari rest area atau berhenti di lokasi-lokasi yang tidak mengganggu pengguna jalan lain. Pastikan aman dan selamat”.

Diharapkan, warga yang mudik juga harus memperhatikan kondisi kendaraan sehingga tidak ada gangguan selama perjalanan. Kendaraan harus benar-benar dalam keadaan siap untuk dibawa mudik. pengendara harus menjaga kecepatan dan taat aturan.

Stop Pelanggaran!

Stop Kecelakaan!

Keselamatan untuk Kemanusiaan!

[Chrysnanda DL]

BEKASI TOP