posbekasi.com

DKI Pilih 5 Karya Terbaik Desain Prasarana Integrasi Halte BRT Transjakarta dan Stasiun MRT ASEAN

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengamati sejumlah desain terpilih pada sayembara Desain Prasarana Integrasi Halte BRT Transjakarta dan Stasiun MRT ASEAN di Simpang CSW-Kebayoran Baru, di Gedung Balai Kota Jakarta, Senin 15 April 2019.[DOK.DKI]
POSBEKASI.COM | JAKARTA – Alhamdulillah, Senin 15 April 2019, telah terpilih desain terbaik dari Sayembara Desain Prasarana Integrasi Halte BRT Transjakarta dan Stasiun MRT ASEAN di Simpang CSW-Kebayoran Baru.

Sayembara desain ini dibuka melalui pendaftaran selama seminggu pada 6-14 Februari 2019 dan berhasil mendapatkan 25 karya yang kemudian diseleksi hingga tersisa 5 karya terbaik. Kelima karya desain terbaik itu kemudian dinilai lebih lanjut oleh Dewan Juri yang terdiri atas pihak pemerintah, swasta, ahli profesional maupun akademisi. Dan kemarin “Cakra Selaras Wahana” atau CSW karya Biro Studio Lawang ditetapkan menjadi pemenangnya.

Salah satu tantangan di Jakarta hari ini adalah bagaimana membuat sebuah sistem transportasi umum massal yang terintegrasi. Sehingga antar moda teansportasi di Jakarta itu menjadi sebuah kesatuan. Konsekuensinya bagi warga bisa berangkat dari mana saja, bisa transfer dengan mudah untuk tujuan ke mana saja. Hari ini kita semua dalam proses menuju itu. Kata kuncinya integrasi. Dan integrasi itu harus dimulai dari saat perencanaan.

Simpang Centrale Stichting Wederopbouw (CSW) merupakan salah satu contoh perencanaan yang kurang memperhatikan integrasi karena pembangunan infrastruktur BRT dan MRT yang hampir bersamaan namun tidak berorientasi pada kemudahan untuk penumpang. Ruang yang tidak terkelola dengan baik antara Halte Transjakarta CSW dengan Stasiun ASEAN MRT Jakarta menjadi peluang untuk menemukan solusi terbaik dari anak bangsa melalui mekanisme sayembara terbuka.

Pemprov DKI Jakarta sekarang selalu antusias mendorong agar proyek-proyek fasilitas publik disayembarakan, sehingga kita bisa mendapatkan ide-ide terbaik dari masyarakat. Dan terlihat dari finalis sayembara kemarin, solusi-solusi yang ditawarkan menarik sekali. Jadi saya berharap Transjakarta dan MRT Jakarta bisa kerja bersama menuntaskan ini. Kita berharap kurang dari satu tahun, integrasinya bisa terwujud. [Gubernur DKI Jakarta – Anies Baswedan]

BEKASI TOP