Bekasi Online

Serahkan Bantuan, Wagub Uu Upayakan Pencarian Warga Jabar Yang Hilang Akibat Tsunami dan Gempa Sulteng

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum meninjau dan menyerahkan bantuan kemanusiaan untuk korban bencana gempa dan tsunami di sejumlah daerah di Sulteng, Jumat 19 Oktober 2018.[IST]
POSBEKASI.COM | PALU – Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menyerahkan bantuan kemanusiaan untuk korban bencana gempa dan tsunami di sejumlah daerah di Provinsi Sulawesi Tengah.

Bantuan senilai Rp2 milyar diserahkan Wagub Uu langsung kepada Sekretaris Daerah Sulteng, Muhammad Hidayat di kantor Pemprov Sulteng jalan Sam Ratulangi No 101 Palu, Jumat 19 Oktober 2018.

Bantuan tersebut, kata Uu, merupakan bentuk kepedulian warga Jawa Barat. Walaupun nilainya tidak sebanding dengan kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa dan tsunami pada 28 September lalu, namun Uu berharap dapat meringankan beban masyarakat dan pemerintah daerah.

“Ini (bantuan) tidak seberapa dibandingkan dengan bencana dan kebutuhan dalam membangun, tetapi inilah kepedulian dan silaturahmi kami warga Jabar,” kata Uu kepada Sekda Sulteng.

Selain bantuan dalam bentuk uang, Pemprov Jabar juga sudah mengirimkan relawan membantu penanganan pasca bencana sejak tanggal 4 Oktober lalu. Para relawan tersebut akan diperbantukan hingga tanggap darurat dicabut oleh pemerintah pusat pada 26 Oktober 2018 mendatang.

Terkait korban warga Jabar, Uu mengatakan, saat ini masih terus diupayakan pencarian. Sebelumnya, ratusan korban warga Jabar telah dipulangkan ke daerahnya masing-masing.

“Untuk korban asal Jabar sedang diupayakan terus dan akan kami perhatikan terus, justru dengan datang kesini pun antara lain untuk itu,” ujarnya.

Usai penyerahan bantuan, Wagub Uu didampingi BPBD Jabar berkesempatan meninjau ke sejumlah lokasi terdampak bencana paling parah. Diantaranya ke Balaroa, jembatan kuning, masjid terapung, Petobu, hingga memantau posko Tagana Jabar.[REL/IMA/POB]

BEKASI TOP