Ponpes Al Marhamah Sembilih Qurban dan Santap Siang Bersama Santri

Pengurus dan warga melakukan pemotongn hewan qurban (kiri), dan makan siang bersama santri (kanan) pada penyembelihan qurban pada Idul Adha 1439 H, di Ponpes Al Marhamah, Rabu 22 Agustus 2018.[RAD]

MUSTIKAJAYA | POSBEKASI.COM – Yayasan Pendidikan dan Pondok Pesantren (Ponpes) Tahfidz Al Quran Al Marhamah, menyembelih qurban dan makan siang bersama santri dan warga sekitar lingkungan Ponpes Al Marhamah, Jalan Betok, RT02/05, Kampung Cimuning Gondang, Mustika Jaya, Kota Bekasi, Rabu 22 Agustus 2018.

Penyembelihan qurban dilaksanakan di halaman Masjid Khulafa Rasyidin Ponpes Al Marhamah, dengan memotong seekor sapi dan enam ekor kambing dari jamaah Al Marhmah dan warga sekitar.

“Alhamdulillah, seperti tahun-tahun sebelumnya pelaksanaan qurban di Ponpes Al Marhamah dapat dilaksanakan dengan baik. Walau tahun ini sedikit berkurang jumlah sapi dan kambing qurban, tapi pembagian daging qurban untuk warga sekitar lingkungan kita utamakan dan semua kebagian,” kata salah seorang panitia qurban, Imam Saroji, di Ponpes Al Marhamah, Rabu 22 Agustus 2018.

KLIK : Rumah Quran Al Jannah Mustika Grande Sembelih Sapi Qurban

Sementara, Pembina Yayasan Ponpes Al Marhamah, Ustadz H.Mohamad Subchansyah,ST, menyatakan qurban identik dengan kisah Nabi Ibrahim dan putranya Nabi Ismail ‘Alaihisallam.

Dari Kisah dua utusan Allah ini, ada makna qurban yang kita gali, salah satunya adalah makna tentang keikhlasan dan ketundukan pada perintah Allah Ta’ala.

“Qurban adalah hewan tertentu yang disembelih bagi manusia untuk menjadi lebih dekat dengan kasih sayang Allah. Dalam fiqh qurban disebut “udhiyya” yang berarti hewan yang disembelih saat Idul Adha,” kata Ustadz Subchansyah.

KLIK : Ponpes Al Marhamah Bukber “Ramadhan Mengokohkan Ilmu Dalam Beramal”

Qurban berasal dari kata Qoroba Yaqrobu yang artinya mendekat, karena itu qurban adalah salah satu ibadah yang mendekatkan diri seseorang kepada Allah Subhanahu Wata’ala.

“Salah satu makna yang paling dalam dari ibadah qurban adalah sebagai bentuk penghambaan kepada Allah Subhanahu wata’ala dengan membahagiakan sesama. Qurban adalah bentuk keshalehan sosial dimana pequrban akan merasakan indahnya berbagi,” ujarnya.

Penyembelihan qurban yang dihadiri para jamaah terdiri dari pengurus Ponpes Al Marhamah di antaranya, pengasuh santri Ustadz Heru, Ustadz Sumardi, Ustadz Imam Saroji, Ustadz Syafi’i Riyayatno, Ustadz M Saufi, dan keluarga besar Al Marhamah.

Usai penyembelihan qurban, Shalat Dzuhur berjamaah yang di imami Ustdz Subchansyah, kemudian digelar makan siang bersama dengan para santri dan jamaah penuh kekeluargaan dan kebersaman.[RAD/POB]

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published.