Bekasi Online

16 Tahun Penantian, Indonesia Ketemu China di Final Bulutangkis Beregu Putra

Ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.[PBSI]
JAKARTA | POSBEKASI.COM – Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto meraih kemenangan 21-10 dan 21-10 atas Takuto Inoue/Yuki Kaneko pada laga semifinal bulutangkis beregu putra Asian Games 2018 di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (21/8/2018).

Berkat hasil ini, tim beregu Indonesia menang 3-1 atas Jepang dan berhak lolos ke final. Pada partai puncak, Indonesia akan menghadapi China yang sukses mengalahkan Chinese Taipei dengan skor 3-1 di semifinal.

Pertandingan final Indonesia kontra China akan berlangsung di Istora Senayan, Jakarta pada Rabu (22/8/2018) mulai pukul 18.00 WIB.

Fajar/Rian mendapat perlawan sengit dari Inoue/Kaneko pada gim pertama. Bahkan, skor sempat sama kuat 8-8. Namun, Fajar/Rian tak membiarkan Inoue/Kaneko terus meraih poin dan menutup paruh pertama dengan keunggulan 11-9.

Selepas rehat selama dua menit, Fajar/Rian terus melancarkan smash keras dan pukulan menyilang yang kerap merepotkan Inoue/Kaneko. Setelah sempat memimpin 17-9, ganda putra peringkat sembilan dunia itu akhirnya menang 21-10 atas Inoue/Kaneko pada gim pertama.

Masuk gim kedua, Fajar/Rian terus memperlihatkan performa terbaiknya. Keduanya pun berhasil memimpin enam poin, 11-5 atas Inoue/Kaneko pada interval pertama.

Poin demi poin mampu didulang Fajar/Rian setelah jeda. Fajar/Rian berhasil memimpin 19-10 atas Inoue/Kaneko. Hingga akhirnya, smash keras yang dilepaskan mampu membawa Fajar/Rian menyudahi perlawanan Inoue/Kaneko dengan skor 21-10.

Bagi Indonesia, ini adalah untuk pertama kalinya lolos ke final nomor beregu cabang bulutangkis Asian Games. Indonesia terakhir kali menembus partai puncak adalah pada Asian Games 2002 di Busan atau 16 tahun silam.

Akan tetapi, saat itu Indonesia gagal meraih medali emas setelah menelan kekalahan 1-3 dari Korea Selatan.

Hasil Lengkap

Anthony Ginting Vs Kento Momota 21-14, 14-21, 16-21

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon Vs Takeshi Kamura/Keigo Sonoda 21-18, 21-12

Jonatan Christie Vs Kenta Nishimoto 21-15, 21-19

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto Vs Takuto Inoue/Yuki Kaneko 21-10, 21-10

Ihsan Maulana Mustofa Vs Kanta Tsuneyama.

KLIK : Indonesia Hajar Hong Kong, Rebut Posisi Puncak Grup A

16 Tahun Penantian

Tim putra Indonesia bakal menantang China pada final bulutangkis beregu Asian Games 2018 di Istora Senayan Jakarta, Rabu (23/8/2018). Keberhasilan menembus final beregu tersebut mengakhiri penantian Indonesia selama 16 tahun.

Tiket final masuk genggaman Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dkk. setelah menundukkan Jepang pada semifinal di Istora Senayan, Selasa (21/8/2018). Indonesia menang dengan skor 3-1.

Tim putra Indonesia sudah 16 tahun tak mencicipi final di nomor beregu Asian Games. Kali terakhir Indonesia mencicipi final beregu putra adalah pada Asian Games 2002 di Busan, Korea Selatan. Saat itu, Indonesia kalah 1-3 dari tuan rumah Korsel, sehingga hanya mendapat medali perak.

Empat tahun berselang, Indonesia hanya mencapai semifinal beregu putra di Asian Games 2006, Doha, Qatar. Harapan Tim Merah Putih menembus final dijegal China.

Pada Asian Games 2010 di Guangzhou, Indonesia lagi-lagi tersandung China. Tim putra Indonesia takluk di babak semifinal, sehingga kans melaju ke puncak tertutup.

Prestasi empat tahun lalu di Asian Games Incheon lebih mempihatinkan. Langkah Indonesia kandas di perempat final. Yang mengejutkan, tim putra Indonesia takluk dari Chinese Taipei.

Harapan kembali memijak final akhirnya terwujud pada Asian Games 2018 di kandang sendiri. Kemenangan atas Jepang di semifinal ditentukan melalui sumbangan poin dari Kevin/Marcus, Jonatan Christie, dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Satu-satunya kekalahan Indonesia dialami Anthony Sinisuka Ginting yang takluk dari tunggal pertama Jepang, Kento Momota.

Pertemuan dengan China di final bulutangkis beregu Asian Games 2018 merupakan ulang semifinal Piala Thomas, Mei lalu. Saat itu, Indonesia takluk 1-3 dari China.

Catatan Indonesia di Bulutangkis Beregu Putra

Asian Games 2002:  Final, kalah dari Korea Selatan

Asian Games 2006: Semifinal, kalah dari China

Asian Games 2010: Semifinal, kalah dari China

Asian Games 2014: Perempat final, kalah dari China Taipei.[bola]

BEKASI TOP