posbekasi.com

Diprediksi Kendaraan Melintas Jabar di Musim Mudik Naik

Jalur Mudik Lebaran.[IST]
BANDUNG, POSBEKASI.COM – Dinas Perhubungan (Dishub) Jabar memprediksi arus kendaraan pada mudik lebaran tahun 2018 mengalami peningkatan. Semua persiapan untuk layanan keamanan dan keselamatan pengendara diklaim sudah dilakukan.

Kepala Dishub Jabar Dedi Taufik menyatakan kenaikan arus lalu lintas ke Jawa Barat di jalur darat bisa mencapai 5 persen dari tahun lalu yang mencapai 2.462.840 kendaraan.

Selain itu, peningkatan pun terjadi di jalur laut sebesar 1,67 persen, jalur udara naik 7,6 persen dan kereta api 7,8 persen.

“Kami prediksi akan meningkat, dominasinya masih kendaraan roda dua. Kalau penumpang (diprediksi) totalnya diperkirakan mencapai 13,2 juta jiwa,” katanya, Selasa 29 Mei 2018.

Untuk mengantisipasi kepadatan arus, terutama di jalur darat, Dishub ia katakan akan fokus pada fasilitas lalu lintas jalan Jabar sebagai lintasan dan tujuan dengan tiga jalur utama. Yakni, jalur utara, tengah dan selatan.

“Tentu kami komitmen mengedepankan keselamatan, kenyamanan dan layanan,” ucapnya.

KLIK : Komisi IV DPRD Jabar Tinjau Jalur Alternatif Dan Arus Mudik Lebaran Menuju Bandara BIJB

Di jalur darat, Dedi menyebut sudah menyiapkan armada berupa bus sebanyak 4.675 unit, baik bus antarkota dalam provinsi (AKDP) maupun bus antarkota antarprovinsi (AKAP).

Dari jumlah itu, total seat (kursi) bisa mengangkut sebanyak 205.744 penumpang. Ia memastikan semua kelengkapan keselamatan bus sudah dan sedang diproses secara berkala hingga H-10 Idul Fitri.

Adapun untuk angkutan kereta api, Dishub Jabar menyebut sudah ada 92 kereta dengan keberangkatan dari kota Bandung, Kiara Condong dan Cirebon. Jumlah itu sudah dikonfirmasi berdasarkan rapat koordinasi yang dilakukan bersama pihak Daerah Operasi (Daop) Kereta Api Indonesia (KAI) di wilayah bersangkutan.

Untuk angkutan sungai danau dan penyebrangan, sudah disiapkan 1.352 kapal di bawah 7 gross tone (GT). Angkutan udara ada 98 pesawat.

“Angkutan udara nantinya melayani penerbangan domestik sebanyak 78 unit, unutuk penerbangan internasional sebanyak 20 unit,” pungkasnya.[REL/POB]

BEKASI TOP