Bekasi Online

UNBK Kemenag Lebih Tinggi Dibanding UNBK Kemendikbud

UNBK

BEKASI, POSBEKASI.COM – 93 persen dari 7.843 sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Indonesia siap menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) serentak pada 9 – 13 April 2018.

“Persentase ini lebih besar dari angka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang mencapai 91 persen dari Kementerian Agama seebsar 93 persen tahun ini siap menyelenggarakan UNBK,” kata Direktur Jendral Pendidikan Islam Kemenag RI Kamarudin Amin usai membuka ujian sekolah berstandar nasional di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kelurahan Telukpucung, Bekasi Utara, Kota Bekasi, Senin 9 April 2018.

Dikatakannya, meninjau secara langsung penerapan tiga hal di sekolah tersebut, yakni Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional-Berbasis Komputer (UAMBN-BK) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

KLIK : Jabar Penuhi 100 Persen UNBK

“Salah satu alasan dipilihnya MAN 1 Kota Bekasi sebagai lokasi peninjauan adalah kesiapannya yang sudah 100 persen dalam segi sarana dan prasarana penunjang UNBK. MAN 1 Kota Bekasi termasuk yang terbaik di Indonesia yang kita miliki. Di sini kami lihat ada proses pembelajaran teknologi informasi yang bagus dan bisa menjadi percontohan,” terangnya.

Kesiapan MAN lanjut Kmarudin, penyelenggaraan UNBK diukur dari penyediaan fasilitas komputer, jaringan internet, jaminan pasokan listrik, serta Sumber Daya Manusia (SDM).

“UNBK di MAN 1 Kota Bekasi saat ini diikuti oleh 480 siswa kelas XII yang terbagi dalam empat ruang kelas. Dari sisi pesertanya juga saya perhatikan sudah beradaptasi dengan UNBK sebab beberapa waktu sebelum penyelenggaraan mereka sudah melakukan persiapan,” terangnya.[JAL/POB4]

BEKASI TOP