Bekasi Online

Puluhan Perusahaan Nakal Buang Limbah ke Sungai Citarum

Aliran Sungai Citarum.[IST]
POSBEKASI.COM, KARAWANG – Sungai Citarum masih belum steril akibat pencemaran yang dilakukan perusahaan terus membuang limbang ke sungai yang seyogyanya bersih dari pencemaran.

Dimana sejumlah perusahaan terindikasi membuang membuang limbahnya ke aliran Sungai Citarum. Meski Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Karawang memberikan sanksi namun sepertinya sanksi tersebut tak pernah diindahkan perusahaan nakal terebut.

“Aliran Sungai Citarum di wilayah Karawang yang panjangnya mencapai sekitar 117 kilometer tercemar limbah. Ada 81 perusahaan melakukan pengolahan limbahnya sesuai ketentuan yang berlaku, yakni melalui Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL). Tapi itu masih dugaan kami, masih ada perusahaan nakal yang langsung membuang limbah ke Citarum,” kata Kadis Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Karawang, Wawan Setiawan, Sabtu 20 Januari 2018.

Sebelumnya, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, mengatakan akan mencabut izin usaha perusahaan yang membuang limbah ke Sungai Citarum.

“Bagi perusahaan yang tidak bisa diajak bekerja sama mengelola limbahnya sesuai ketentuan,  dengan membuang limbah ke Sungai Citarum perlu sanksi tegas berupa penyegelan dan pencabutan izin usaha,” katanya.[MET/POS5]

BEKASI TOP