Bekasi Online

Jepang Bangun Monorel Cikarang Tahun 2019

Monorel
Monorel

POSBEKASI.COM – Kepala Bidang Prasarana Wilayah, Bappeda Kabupaten Bekasi, EY Taufik, mengunglapkan Pemkab berencana membangun monorel dikawasan industri untuk transportasi mssal guna mengurangi kemacetan yang semakin parah.

Rencana pembangunan monorel itu akan direalisasikan bersama pemerintah pusat pada tahun 2019.

“Pembangunan dan penambahan transportasi berupa monorel masih dalam pengkajian langsung dengan Pemerintah Jepang dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dengan mempelajari dampak, perawatan, dan spesifikasi lainnya,” kata Taufik, Minggu 23 April 2017.

Dikatakannya, kesepakatan dengan Jepang sudah dilakukan sejak tiga tahun lalu, dimana pembangunan monorel Cikarang guna menguarai kemacetan di tujuh kawasan industri utama yang ada di wilaha Kabupaten Bekasi.

“Monorel ini nanti dibiayai Pemerintah Jepang melalui Japan Transportation Planning Asociation (JTPA) sebagai konsorsium dengan anggaran yang dikucurkan sekitar Rp21 triliun dan panjang trase monorel tersebut sekitar 17 kilometer,” ujarnya.

Monorel Cikarang tersebut nantinya akan melintasi rute dari Stasiun Cikarang – Jababeka – EJIP – Deltamas – Lippo Cikarang – MM2100.

“Monorel ini terkoneksi dengan monorel jalur Timur Barat rute Cikarang – Balaraja yang akan dibangun Pemerintah DKI Jakarta,” terangnya.[MET]

BEKASI TOP