Bekasi Online

Wawali Serahkan Perbaikan Tanggul Jebol Kali Cikeas Ke Kementrian PUPR

Wakil Walikota Bekasi, Ahmad Syaikhu didampingi Camat Rawa Lumbu Junarsih, saat meninjau lokasi longsor aliran Kali Cikeas Selasa 28 Februari 2017.[ISH]
Wakil Walikota Bekasi, Ahmad Syaikhu didampingi Camat Rawa Lumbu Junarsih, saat meninjau lokasi longsor aliran Kali Cikeas Selasa 28 Februari 2017.[ISH]
POSBEKASI.COM – Wakil Walikota Bekasi, H Ahmad Syaikhu, meninjau dua lokasi longsor yang berada di aliran Kali Cikeas tepatnya wilayah Cipendawa Rawalumbu, Kota Bekasi, Selasa 28 Februari 2017.

Dua titik longsoran ini terjadi akibat derasnya aliran kali Cikeas beberapa hari kemarin. sehingga menyebabkan dinding penahan tanah atau turap rusak.

Ahmad Syaikhu meninjau lokasi pertama  yakni ke lokasi ambruknya sheet pile (turap/dinding penahan tanah) Cipendawa. Dan kedua di Rumah Aksara RT 7 RW 2 Kelurahan Bojong Menteng.

Ahmad Syaikhu didampingi Camat Rawa Lumbu Junarsih dan Lurah Bojong Menteng saat meninjau lokasi longsor.

Usai meninjau, Ahmad Syaikhu mengatakan bahwa pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan kementrian PUPR.

“Saya kira masalah ini kaitannya musibah dimana debit air yang sangat tinggi sehingga sheet pile ini tidak mampu menahan sehingga terjadi ambrol di kali bekasi ini. Kita koordinasikan ke kementrian PUPR, karena memang Daerah Aliran Sungai (DAS) ini merupakan tanggung jawab dan kewenangan kementerian PUPR,” ujar Syaikhu.

Menurutnya, musibah ini adalah menyangkut hajat hidup orang banyak. Selain warga sekitar, lokasi tersebut juga merupakan wilayah dimana biasa dilalui oleh truk sampah DKI.

“Akses ini juga bantuan dari DKI. Maka kita komunikasikan bahwa kaitan-kaitan untuk mobilitas kelancaran truk-truk sampah dan lainnya juga perlu disuport. Kalau anggaran kita tidak memadai tentu kita perlu juga bantuan baik dari pemprov DKI maupun kementrian,” papar dia.

Sementara untuk beberapa antisipasi supaya tidak terulang kejadian ini, lanjut Syaikhu adalah perlunya proteksi teknis yang harus dilakukan oleh Dinas PUPR Kota Bekasi..

“Apa harus dibuat sheetpile baru dan sebagainya mugkin kita lihat saja situasi dan kondisi di lapangan nanti setelah di kaji seperti apa,” katanya.[ISH]

4.

BEKASI TOP