Bekasi Online

Wawali Syaikhu Hadiri Pembukaan Rakorkomwil III Apeksi di Kota Salatiga

Wakil Walikota Bekasi H Ahmad Syaikhu pada pembukaan Rakorkomwil III Apeksi di Kota Salatiga.[ISH]
Wakil Walikota Bekasi H Ahmad Syaikhu pada pembukaan Rakorkomwil III Apeksi di Kota Salatiga.[ISH]
POSBEKASI.COM – Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indoenesia (Apeksi), Airin Rachmi Diany, membuka Rapat Koordinasi Komisariat Wilayah (Rakorkomwil) III Apeksi di Hotel Grand Wahid Kota Salatiga, Kamis 24 Nopember 2016.

Peserta rapat dari 25 perwakilan Kota di wilayah III Apeksi diantaranya sebagian dari provinsi Jawa Tengah, Jawa Barat, DIY, Banten dan DKI Jakarta.

Airin yang juga menjabat sebagai Walikota Tanggerang Selatan mengatakan rapat wilayah III Apeksi  menghasilkan rekomendasi strategis dari masing-masing kota di wilayah III. Terkait kebijakan pusat di daera maupun kelembagaan baru yang menjadi acuan pemerintah Kota.

Seperti ia menyatakan mengenai pengalihan kewenangan urusan pendidika ke pemerintah provinsi terkait kesejahteraan tenaga kontrak, regulasi terbaru mengenai penyeleksian pejabat eselon dua tanpa adanya open biding, maupun hal lain mengenai kelembagaan.

“Rekom tersebut disampaikan ke pengurus dewan nanti kita sampaikan ke pemerintah pusat hasil rakor kali ini, semata memberikan kontribusi besar terhadap kota kita kedepan,” ungkap Airin.

Ia meyakini Apeksi menjadi wadah silaturahmi antar pemerintah Kota sekaligus sinergitas antar pemerintah kota untuk membangun wilayah kota masing-masing.

Selain itu, ia menyebutkan Rakernas Apeksi yang bakal digelar di Kota Malang dengan agenda paparan pengurus Pusat Apeksi tentang program kerja hingga 2018.

“Usulan hasil rakor wilayah III menjadi acuan kami melaksanakan agenda program kerja tersebut. Nanti dipresentasikan pada Rakernas Apeksi di Kota Malang,” ungkap Airin.

Usai pembukaan dilanjutkan paparan dari narasumber mengenai tema Rakorwil III yakni perubahan perangkat daerah berdasarkan UU 23 tahun 2014 dan PP 18 tahun 2016 terhadap peningkatan pelayanan di daerah.

Narasumber kali ini Nurdin dari Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri, Putut dari Dirjen Perimbangan Keuangan Kemenkeu, dan Junjunan dari Kemenpan RB.

Dalam kesempatan itu, ikut mengikuti Rapat Wakil Walikota Bekasi H Ahmad Syaikhu bersama Asisten Daerah Kariman, Kabag Kerjasama dan Investasi (KSI) Hanan Tarya dan para kasubag pada sekretariat daerah.[ISH]

BEKASI TOP