Bekasi Online

Walikota Bekasi Saksikan Pertandingan Sulsel Lawan Sumsel

Walikota Bekasi, Rahmat Effendi, saat menyksikan pertandingan Sulsel melawan Sumsel dalam laga semifinal di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Senin 26 September 2016. [ISH]
Walikota Bekasi, Rahmat Effendi, saat menyksikan pertandingan Sulsel melawan Sumsel dalam laga semifinal di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Senin 26 September 2016. [ISH]
POSBEKASI.COM – Walikota Bekasi, Rahmat Effendi, saksikan sepak bola Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XIX Sulawesi Selatan setelah mengkandaskan Sumatera Selatan dengan skor akhir 2-0 dalam laga semifinal di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Senin 26 September 2016.

Gol kemenangan Sulawesi Selatan diborong oleh kapten tim, Adi Setiawan di menit ke-57 dan 59.

Sejak pluit babak pertama dimulai, Sumatera Selatan tampil menyerang, bahkan anak asuh Rudi William Keltjes tersebut menguasai jalannya pertandingan sepanjang babak pertama. Namun, sejunmlah peluang emas gagal dikonversikan menjadi gol.

Sulawesi Selatan tak mau kalah. Tim besutan Syamsuddin Umar berhasil menciptakan sejumlah peluang emas melalui striker Timnas Indonesia U-19, Asnawai Mangkualam Bahar. Namun, peluang-peluang itu gagal dikonversikan menjadi gol. Hingga babak pertama usai, skor kacamata masih bertahan.

Memasuki babak kedua, Sumatera Selatan yang menargetkan medali emas terus menekan pertahanan Sulawesi Selatan. Rupanya, barisan pertahanan Adi Setiawan dan kawan-kawan cukup kokoh untuk dijebol tim Sumatera Selatan.

Terus ditekan, justru Sulawesi Selatan mampu mencuri gol lebih dahulu. Tendangan bebas dari sisi kanan pertahanan lawan, berhasil dimanfaatkan oleh kapten tim Adi Setiawan dengan sundulan kepalanya. Bola tak dapat diantisipasi oleh penjaga gawang Sumatera Selatan yang kali ini dikawal oleh Jupriyanto. Sebelumnya gawang dijaga oleh Teja Paku Alam, akibat cidera pada jari tangannya penjaga gawang andalan Sumatera Selatan tidak diturunkan. Dan, Skor pun berubah menjadi 0-1 keunggulan untuk keunggulan Sulawesi Selatan.

Gol pertama itu menjadi motivasi tersendiri bagi anak anak Sulawesi Selatan, dan membuyarkan konsentrasi Tim Sumatera Selatan. Walhasil, dua menit berselang, pemain belakang Sumetera Selatan melakukan pelanggaran keras di depan kotak pinalti. Kesempata  itu tidak disia siakan oleh Sulawesi Selatan. Kembali, Adi Setiawan yang menjadi algojo, dan sukses menjebol gawang Sumatera Selatan. Bola mengalir deras ke sisi kiri gawang, sehingga memaksa Jupriyanto kembali memungut bola dari jala gawangnya. Skor berubah menjadi 0-2 untuk keunggulan Sulawesi Selatan.

Pelatih Sumatera Selatan, Rudi William Keltjes, mengatakan, gol pertama Sulawesi Selatan membuat konsentrasi anak asuhnya buyar. Itu terbukti dari jarak gol pertama dan kedua yang berselang hanya dua menit.

“Secara permainan, kami menguasai. Tapi ini sepak bola, yang dicari bukan permainan cantik, tapi kemenangan, Sulawesi Selatan cukup beruntung,” kata dia.

Dari kekalahan ini, kata dia, peluang untuk merebut medali emas pupus. Ia mengaku tak memikirkan pertandingan terakhir melawan Papua yang kalah dari Jawa Barat 1-3 guna merebut medali perunggu. “Tak ada strategi apa-apa melawan Papua, karena target saya di PON adalah emas,” katanya.

Pelatih Sulawesi Selatan, Syamsuddin Umar, mengungkapkan kunci sukses menaklukkan Sumatera Selatan. Menurut dia, kemenangan itu berkat anak asuhnya yang berani bermain di lini tengah guna mengimbangi permainan Sumatera Selatan. “Kekuatan Sumsel berada di sayap dan umpan-umpan pendek. Guna mengimbanginya, kami ajak mereka bermain di tengah. Rupanya ini berhasil,” ujar dia.

Usai menyaksikan pertandingan, Walikota menyempatkan memberikan salam hangat kepada atlet yang tengah berjuanh dalam ajang PON, dan berterima kasih kepada kedua Provinsi yang telah merasakan megahnya Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi.[ISH]

BEKASI TOP