Bekasi Online

Gizi Buruk Masih Tinggi di Karawang

Gizi buruk pada anak.[IST]
Gizi buruk pada anak.[IST]
POSBEKASI.COM – Angka kasus gizi buruk di 25 kecamatan pada Kabupaten Karawang masih tinggi, dimana pada tahun 2015 lalu hingga Mei 2016 jumlahnya 164 kasus.

Kepala Bidang Bina Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang, Rasim, mengatakan pada tahun lalu tercatat 79 kasus gizi buruk, kemudian Januari hingga Mei 2016, bertambah 85 kasus, sehingga totalnya menjadi 164 kasus.

“Itu merupakan gabungan kasus gizi buruk yang lama (tahun lalu) dengan temuan selama tahun ini,” kata Rasim di Karawang, kemaren.

Catatan Dinas Kesehatan dari total 30 kecamatan yang ada di Karawang, hanya lima kecamatan yang tidak ditemukan kasus gizi buruk.

Lima kecamatan terbebas dari kasus gizi buruk adalah Ciampel, Pangkalan, Telukjambe Barat, Tempuran, dan Pakisjaya,

Menurutnya, ada beberapa faktor penyebab terjadinya gizi buruk, yakni karena kurang asupan gizi dan infeksi yang diderita bayi bawah lima tahun. Faktor penyebab lainnya, salah pola asuh serta akibat pengetahuan ibu yang minim tentang gizi, dan kemiskinan.

“Dinas Kesehatan mendirikan pos pemulihan gizi dan klinik gizi rawat jalan juga melaksanakan penanggulangan gizi berbasis masyarakat di setiap puskesmas,” terangnya.[PID]

BEKASI TOP