Bekasi Online

Jelang Ramadhan, Harga Sembako Mulai Beranjak Naik

Pasar Baru Bekasi.[DOK]
Pasar Baru Bekasi.[DOK]
POSBEKASI.COM – Dinas Perekonomian Rakyat Kota Bekasi, mencatat harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisonal di wilayah setempat mulai mengalami kenaikan menjelang Ramadan 1437 H/2016.

“Kenaikan harga bervariasi, namun rata-rata sebesar 10-20 persen, itu pun hanya di pasar-pasar utama seperti Pasar Baru dan Pasar Kranji,” kata Kepala Dinas Perekonomian Rakyat (Dispera) Kota Bekasi Abdul Iman di Bekasi, kemaren.

Menurut dia, kenaikan harga terjadi pada komoditas gula merah di kisaran Rp16 ribu sampai dengan Rp20 ribu per kilogram dari semula Rp12 ribu per kilogram.

Harga gula pasir mencapai Rp17 ribu dari semula Rp13 ribu per kilogram. Harga minyak goreng curah juga mengalami kenaikan dari Rp11 ribu perkilogram menjadi Rp12 ribu per kilogram.

Namun demikian, pihaknya memastikan belum terjadi lonjakan harga secara drastis menjelang Ramdhan kali ini. “Lonjakan harganya masih perlahan dan tidak terlalu tinggi,” katanya.

Kenaikan harga itu diyakininya akibat permintaan konsumen yang meningkat menjalang Ramadhan.

Iman mengatakan, pihaknya bersama dengan dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Indagkop) mengagendakan kegiatan pengendalian harga barang melalui operasi pasar.

“Untuk pemantauan harga barang, akan kami koordinasikan dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi untuk melihat sejauh mana kenaikan harga yang terjadi,” katanya.

Iman mengatakan, otoritas pengendalian harga berada di Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi.

“Kami sifatnya hanya mengatur sirkulasi penjualan di pasar agar tidak terjadi kemacetan akibat kendala teknis di daerah penghasil,” katanya.[ANT/BES]

BEKASI TOP