Bekasi Online

PLN Tambah Gardu Induk

Gardu Induk PLN.[DOK]
Gardu Induk PLN.[DOK]
POSBEKASI.COM – Perusahaan Listrik Negara (PLN) area pelayanan jaringan Bekasi, Jawa Barat, berencana menambah gardu induk sebagai solusi dari ancaman krisis listrik di wilayah setempat.

“Saat ini kami sulit memasok listrik sesuai kebutuhan pelanggan. Hal itu dikarenakan 13 gardu induk yang ada di Kota dan Kabupaten Bekasi sudah terlampau berat bebannya,” kata Asisten Manajer Perencanaan PLN APJ Bekasi Yudho Rahadianto di Bekasi.

Selain pengadaan gardu induk, lanjutnya, solusi alternatif yang dapat ditempuh pihaknya dalam mengantisipasi krisis listrik ada dengan memperluas daya jangkau trafo.

“Solusinya tentu harus membangun gardu induk baru atau memperluas daya jangkau trafo,” katanya.

Menurut Yudho, upaya untuk merealisasikan hal tersebut saat ini tengah terkendala dengan penolakan warga di sekitar lokasi pembangunan transmisi di Tambun, Kabupaten Bekasi.

Penolakan warga berimbas pada tidak kunjung rampungnya tahapan pembebasan lahan untuk kebutuhan pembangunan transmisi tersebut.

“Padahal kalau nantinya transmisi yang di Tambun ini berfungsi, kemampuan kami memasok listrik untuk menjawab kebutuhan konsumen di Bekasi bisa semakin kuat,” katanya.

Yudho mengatakan, setiap tahun kebutuhan listrik konsumen Bekasi mengalami pertumbuhan sekitar 9 persen, atau setara dengan daya 60 MW.

“Pertumbuhan itu tentunya harus diimbangi PLN dengan menyediakan pasokan yang memadai,” katanya.

Secara terpisah, General Manager PT Summarecon Agung Tbk Oon Nusihono mengakui bahwa sejumlah properti pihaknya saat ini sudah merasakan kriris listrik di Kota Bekasi.

Menurut dia, Summarecon Bekasi menanamkan investasi sejak 2010 untuk menarik kabel listrik sepanjang 8 kilometer dari gardu induk Poncol.

Pihaknya juga berupaya menambah pasokan daya dari satu gardu induk lainnya, namun kebutuhan listrik kawasan Summarecon hingga kini masih belum terpenuhi 100 persen.

“Untuk kebutuhan mal saja, hanya 70 persen yang dipenuhi, sehingga sisanya harus disokong genset,” katanya.[ANT/FER]

BEKASI TOP