posbekasi.com

Ponpes Almarhamah Khairu Ummah Terima Mondok dan Sekolah Gratis Anak Yatim Piatu dan Tak Mampu

Pengurus dan Santri Ponpes Yayasan Almarhamah Khairu Ummah dengan warga Kota Bekasi buka puasa bersama di Masjid Khulafaur Rasyidin, Kompek Ponpes dan Rumah Tahfizhul Qur’an, Yayasan Almarhamah Khairu Ummah, Jalan Darussalam (Betok), RT02/RW05, Kampung Cimuning, Kelurahan Cimuning, Mustika Jaya, Kota Bekasi, Ahad 31 Maret 2024. [PosBekasi.com /Hsb]

posBEKASI.com | BEKASI – Pondok Pesantren (Ponpes) Almarhamah Khairu Ummah menerima mondok dan sekolah SD hingga SMA/SMK gratis, serta dibekali ilmu agama untuk anak yatim dan piatu maupun keluarga tidak mampu membayar pendidikan yang saat ini semakin tinggi.

“Setiap saat Ponpes Almarhamah Khairu Ummah terbuka untuk mendidik dan menyekolahkan anak yatim piatu dari keluarga tidak mampu. Terutama masyakarat di lingkungan Ponpes ini, bila ada anak yang ingin bersekolah dan tinggal di Ponpes dari keluarga tidak mampu, antar kemari. Kami sangat terbuka menerimanya untuk disekolahkan menjadi anak cerdas, berkarakter dan berakhlak mulia,” kata Ketua Pembina Yayasan Almarhamah Khairu Ummah, Ustadz H. Mohamad Subchansyah, saat memberi tausyiah sebelum acara buka puasa bersama Pengurus dan Santri Ponpes Yayasan Almarhamah Khairu Ummah dengan warga Kota Bekasi dan sekitarnya di Masjid Khulafaur Rasyidin, Kompek Ponpes dan Rumah Tahfidzul Qur’an, Yayasan Almarhamah Khairu Ummah, Jalan Darussalam (Betok), RT02/RW05, Kampung Cimuning, Kelurahan Cimuning, Mustika Jaya, Kota Bekasi, Ahad 31 Maret 2024.

Hal itu kata Ustadz Subchansyah, merupakan amal ibadah dalam membantu anak anak yatim dan tidak mampu.

Ia menambakan, nilai atau ponten amalan manusia dinilai pada ujung amalan tersebut.

“Setiap amal yang dinilai itu ujungnya. Ini saat menentukan hasil pontenan kita di sisi Allah SWT pada penghujung bulan Ramadhan. Yang dicatat amal ibadahnya diakhir Ramadhan, dan sebaliknya ada potensi tidak diterima amal ibadahnya di akhir bulan Ramadhan. Untuk itu, jangan lalai akhir Ramadhan,” terangnya.

Ketua Pembina Yayasan Almarhamah Khairu Ummah, Ustadz H. Mohamad Subchansyah menyampaikan tausyiah pada acara buka puasa bersama di Masjid Khulafaur Rasyidin, Kompek Ponpes dan Rumah Tahfizhul Qur’an, Yayasan Almarhamah Khairu Ummah, Jalan Darussalam (Betok), RT02/RW05, Kampung Cimuning, Kelurahan Cimuning, Mustika Jaya, Kota Bekasi, Ahad 31 Maret 2024. [PosBekasi.com /Hsb]

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

َإِنَّمَا اْلأَعْمَالُ بِخَوَاتِيْمِهَا

“Sesungguhnya amal-amal itu bergantung pada akhirnya..” [HR Bukhari: 6493, Muslim: 112]

“Pemenang sesungguhnya adalah ia yang menang di akhir perlombaan bukan di awal,” kata Ustadz Subchansyah.

Acara buka puasa bersama dihadiri puluhan warga sekitar Ponpes Almarhamah Khairu Ummah, perwakilan pengurus dan jamaah Masjid Al A’raaf Perumahan Vida Bekasi, serta keluarga besar pengurus Ponpes, di antaranya Ustadz Heru, Ustadz Imam Saroji, Ustadz Syafi’i Riyayatno, Ustadz Edi Kusnandar, H. Tugiono, Sumardi, Sunardi, H. Andi Zainal, Dwi Widiono, dan Hasibuan, serta para pengurus lainnya juga dihadiri muslimah Ponpes Almarhamah Khairu Ummah.

Terkait kegiatan para santri yang saat ini berasal dari berbagai daerah di Jawa Barat dan Jawa Tengah, sedang mengikuti sekolah gratis. Mulai dari pendidikan sekolah formal, pendidikan agama yang diasuh langsung Ketua Harian Ponpes Almarhamah Khairu Ummah Ustadz Heru.

“Seluruh kegiatan belajar mengajar para santri yang mondok di Ponpes ini dibiayai para muhsinin atau donatur. InsyaAllah biaya pendidikan dari muhsinin dikelola dengan amanah dan kami berharap semakin banyak lagi muhsinin yang peduli dengan pendidikan anak anak yatim piatu,” ucap Ustadz Subchansyah.

Santri Ponpes Yayasan Almarhamah Khairu Ummah saat mendengar tausyiah yang disampaikan Ketua Pembina Yayasan Almarhamah Khairu Ummah, Ustadz H. Mohamad Subchansyah pada acara buka puasa bersama di Masjid Khulafaur Rasyidin, Kompek Ponpes dan Rumah Tahfizhul Qur’an, Yayasan Almarhamah Khairu Ummah, Jalan Darussalam (Betok), RT02/RW05, Kampung Cimuning, Kelurahan Cimuning, Mustika Jaya, Kota Bekasi, Ahad 31 Maret 2024. [PosBekasi.com /Kiriman Rafa]

Zakat, Infaq, Sedekah 

Dalam kesempatan bulan mulia ini, Ponpes Almarhamah Khairu Ummah menerima zakat fitrah dari masyarakat yang ingin memberikan pada para santri.

“Tentang zakat, infaq dan sedekah semuanya dimanfaatkan untuk pendidikan dan operasional santri,” kata Ustadz Subchansyah.

Sementara, salah seorang perwakilan warga sekitar lingkungan Ponpes, Fajri menyatakan keberadaan Ponpes Almarhamah Khairu Ummah sangat memberi manfaat besar kepada warga sekitar.

“Ponpes ini memberikan manfaat terutama kepada keluarga tidak mampu. Anak anak bisa mendapat ilmu agama secara gratis,” kata Fajri. [hsb]

BEKASI TOP