posbekasi.com

Porkab Bekasi Pertandingkan 15 Cabang Olahraga

Disbudpora Kabupaten Bekasi sosialisasikan kesiapan Pekan Olahraga Kabupaten Bekasi, Rabu 20 September 2023. [Posbekasi.com /Istimewa]

posBEKASI.com | CIKARANG – 15 cabang olahraga (Cabor) akan dipertandingkan pada Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Bekasi yang digelar pada 11 – 15 Oktober 2023. Diharapkan pada ajang olah raga ini dapat melahirkan atlet unggulan Kabupaten Bekasi untuk maju ke pentas olahraga yang lebih tinggi lagi.

“Gol-nya sesuai yang disampaikan Pak Pj Bupati Bekasi, mencari bibit atlet untuk dipersiapkan menuju Porprov Jawa Barat serta PON mendatang,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Bekasi Iman Nugraha, Rabu 20 September 2023.

Disbudpora Kabupaten Bekasi juga terus mensosialisasikan Porkab ini dengan mengundang tiap camat dan perwakilan pengurus komite olahraga kecamatan (KOK) Se- Kabupaten Bekasi, guna memastikan ke ikut sertakan dan kesiapan dalam menghadapi Porkab.

Selanjutnya, pihak kecamatan agar bisa menyampaikan kepada masyarakat.

“Sesuai arahan KONI, agar para camat sosialisasikan lagi ke desa-desa sehingga barangkali ada atlet di desa yang memiliki bakat olahraga, ikut serta pada porkab ini,” harapnya.

Lebih lanjut, dalam memaksimalkan porkab, Disbudpora pun, terus berkoordinasi dengan KONI, serta instansi terkait agar penyelenggaraan Porkab Bekasi 2023 berlangsung sukses dan meriah sekaligus menemukan bibit atlet muda potensial.

Ketua KONI Kabupaten Bekasi Reza Luthfi Hasan mengatakan, persiapan menuju Porkab sudah on the track. Koordinasi dengan para camat dan KOK, sangat menyambut baik event Porkab.

“Mereka luar biasa bahkan berharap menjadi agenda olahraga rutin daerah,” katanya.

Ia menjelaskan, adapun 15 cabang olahraga yang dipertandingkan merupakan hasil kajian KONI Kabupaten Bekasi. Cabor yang dipertandingkan itupun merupakan andalan daerah dan telah mendapatkan tempat di hati masyarakat.

Adapun 15 cabor tersebut yakni Renang, atletik, bulutangkis, bola voli, bola basket, biliar, catur, e-sport, karate, kempo, menembak, panahan, pencak silat, taekwondo, hingga sepak bola/futsal.

“Venue pertandingan terpusat di kompleks Stadion Wibawa Mukti, didukung beberapa titik lain seperti GOR Tambun, Gedung PGRI, juga stadion mini,” katanya.

Ketua Panitia Porkab Bekasi 2023 Beny Hidayat mengatakan ajang ini sekaligus menjadi acuan penentuan program seleksi pemantauan serta pembinaan tim pemusatan latihan daerah (Pelatda) Pekan Olahraga Provinsi Jawa Barat 2026.

Porkab Bekasi 2023 mempertandingkan sebanyak 300 nomor dari 15 cabang olahraga andalan Kabupaten Bekasi dengan memperebutkan total 937 medali emas, perak, serta perunggu.

“Dengan trik serta konsep yang telah kami susun, mudah-mudahan Porkab Bekasi nanti berlangsung meriah bahkan tidak menutup kemungkinan menjadi barometer daerah-daerah lain di Jawa Barat,” ujarnya. [rls/jal]

BEKASI TOP