posbekasi.com

Timnas Indonesia Juara Sepak Bola Tunawisma Dunia 2023

Timnas Indonesia meraih trofi Lassen Peak pada kejuaraan dunia sepak bola tunawisma dunia atau Homeless World Cup 2023 di Sacramento, Amerika Serikat (Foto: KJRI San Francisco)

posBEKASI.com | JAKARTA – Timnas Indonesia berhasil menjuarai turnamen sepak bola tunawisma dunia atau Homeless World Cup 2023 di Sacramento, Amerika Serikat. Indonesia yang diwakili tim Rumah Cemara Bandung meraih trofi Lassen Peak setelah mengalahkan Swedia di final dengan skor 4-1.

Kejuaraan sepak bola Homeless World Cup 2023 berlangsung di Stadion Hornet Sacramento State University pada 8-15 Juli 2023. Format kejuaraan ini sedikit berbeda dengan ajang piala dunia sepak bola yang digelar oleh FIFA.

Kejuaraan sepak bola tunawisma dunia terdiri dari empat kategori yang memperebutkan empat jenis piala. Piala utama diperebutkan oleh negara-negara yang menempati urutan delapan besar dari turnamen sebelumnya.

Kemudian piala kedua yaitu Nelson Way diberikan untuk pemenang dari kelompok negara urutan 9-16.  Sedangkan piala ketiga yang disebut Lassen Peak diperebutkan negara-negara urutan 17-25.

Di kategori ketiga inilah, Timnas Indonesia tampil sebagai yang terbaik. Sedangkan piala keempat atau Shasta Award diperuntukkan bagi kelompok negara urutan 25 ke bawah.

Tahun ini, sebanyak 28 negara turut serta pada kejuaraan Homeless World Cup, yang digelar setiap tahun sejak 2003. Namun, turnamen ini sempat terhenti pada tahun 2020 hingga 2022 dikarenakan pandemi Covid-19.

Pelatih Timnas Indonesia, Albert Rudiana, mengatakan kemenangan ini tidak terlepas dari kerja keras seluruh pemain. Ditambah lagi dengan dukungan masyarakat Indonesia yang tinggal di California bagian utara beserta Kemenpora, dan KJRI San Francisco.

“Terima kasih dan rasa hormat setinggi-tingginya atas semua dukungan, perhatian dan doanya yang tiada henti,” ujarnya, Minggu (16/7/2023). Menurut Albert, itu semua memacu seluruh anggota tim untuk memberikan yang terbaik hingga akhirnya dapat mencapai tahap juara.

Konjen RI San Francisco, Prasetyo Hadi, turut bersyukur dan bangga atas raihan prestasi Timnas Indonesia ini. “Prestasi gemilang ini benar-benar membawa nama baik Indonesia di kancah internasional khususnya di Amerika Serikat”, ucapnya. [rri/rel]

BEKASI TOP