posbekasi.com

Mabes Polri Hidupkan Satgas Nusantara Amankan Pemilu 2024

Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho. [Posbekasi.com /Dokumentasi]

posBEKASI.com | JAKARTA  – Mabes Polri akan menghidupkan kembali Satuan Tugas Nusantara yang berfungsi untuk mengawal agenda Pemilu 2024. Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho mengatakan, Satgas Nusantara akan bertugas mencegah perpecahan akibat polarisasi termasuk pemberantasan hoaks.

“Administrasi untuk sprin (Surat Perintah) pelaksanaan Satgas Nusantara supaya bisa menjadi cooling system. Dalam rangka persiapan Pemilu 2024,” ujar Sandi, Jumat 7 Juli 2023.

Sandi berujar, saat ini pihaknya tengah membahas penghidupan Satgas Nusantara dan tinggal menunggu proses. Namun ia tidak memberi penjelasan detail terkait detail dan cara kerja satgas.

Menurut Sandi, Satgas Nusantara akan menggandeng seluruh pemangku kepentingan guna mewujudkan pemilu damai. “Dan (termasuk) semua komponen masyarakat dalam rangka menciptakan pemilu damai untuk Indonesia lebih maju,” katanya lebih lanjut.

Satgas Nusantara Polri dulu sudah pernah dibentuk untuk mengamankan situasi negara saat Pilkada 2018 dan Pilpres 2019. Satgas Nusantara saat itu dipimpin Gatot Eddy Pramono yang kemudian menjadi Wakapolri sebelum pensiun Juni 2023 lalu. [rri/cok]

BEKASI TOP