posbekasi.com

Lebaran Bekasi Dinas Koperasi dan UKM Sediakan Stand Pameran Produk UMKM

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kabupaten Bekasi Ida Farida (kiri) saat acara Lebaran Bekasi, di Desa Srijaya Kecamatan Tambun Utara, Sabtu 10 Juni 2023. [Posbekasi.com /Istimewa]

posBEKASI.com | TAMBUN – Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kabupaten Bekasi, Ida Farida, mengatakan UKM berkontribusi menyediakan stand pameran memfasilitasi pelaku UMKM dari perwakilan kecamatan memperkenalkan produk yang dihasilkan untuk dijual dan dikenal oleh masyarakat pada Lebaran Bekasi 2023 sebagai program kolaborasi yang mendukung pengoptimalan dan pengembangan pelaku usaha kecil dan menengah di Kabupaten Bekasi untuk kembali bergeliat.

“Tidak hanya makanan, masyarakat dapat melihat produk UMKM lain dimana terdapat aneka aksesoris, pakaian juga tas rajut dengan mengunjungi stand-stand yang terdapat di sepanjang lokasi acara,” ungkapnya saat acara Lebaran Bekasi, di Desa Srijaya Kecamatan Tambun Utara, Sabtu 10 Juni 2023.

Dikatakannya, perkembangan UMKM khususnya di Kabupaten Bekasi tidak bisa dipandang sebelah mata. Mengingat produk UMKM Bekasi saat ini dari segi kualitas dan kemasan yang dihasilkan tidak hanya menarik minat skala regional maupun nasional, bahkan tembus di pasar internasional.

“Tentunya peran media juga memiliki andil besar dalam memberikan informasi kepada masyarakat Kabupaten Bekasi dan Nasional bahwa kita sudah Go Produk baik skala kecil maupun besar, UMKM kita siap,” ujarnya.

Ida berharap melalui kegiatan Lebaran Bekasi 2023 ini masyarakat Kabupaten Bekasi dapat lebih mengenal dan menghargai produk-produk UMKM lokal yang tidak kalah unggul dengan produk pabrikan lainnya. Serta dapat berpartisipasi, bersama-sama meningkatkan UMKM lokal lebih baik lagi.

“Harapan saya, bukan hanya di acara Pagelaran Lebaran Bekasi ini bagaimana masyarakat Kabupaten Bekasi dapat mencintai produk-produk yang dihasilkan UMKM lokal, tetapi juga belajar mencintai dan menggunakan produknya sehingga terwujud kemajuan bersama,” katanya.

Sementara, Camat Cikarang Selatan, Muhammad Said, mengakui kegiatan yang berlangsung semarak ini dapat menyatukan semua etnis, suku, juga stakeholder yang berada di Kabupaten Bekasi.

“Agenda ini menjadi momentum yang dapat kita manfaatkan untuk mempererat dan memperkuat silaturahmi sesama anak bangsa,” ucapnya.

Hal tersebut, lanjutnya, juga menjadi kesempatan untuk pelaku UMKM agar dapat lebih produktif dan meningkatkan daya saing dalam menarik minat pasar terutama di masyarakat.

“Kami mengapresiasi acara Lebaran Bekasi yang cukup semarak ini, agar bisa kembali digelar tahun depan. Selain itu, Bazar yang ada di sini juga memberi ruang yang cukup efektif kepada UMKM untuk memperluas pasar serta meningkatkan omset penjualan produknya,” katanya. [yla]

BEKASI TOP