Bekasi Online

ICW: Duga Ada Permintaan Bonus Buat Proyek Taman Sehati “Mangkrak”

Taman Sehati.[DOK]
Taman Sehati.[DOK]
POSBEKASI.COM – Sejumlah proyek ‘mangkrak’ mendapat perhatian Indonesia Corruption Watch (ICW). Pantauan ICW terkait mangkraknya proyek Taman Stadion Wibawa Mukti (Taman Sehati) yang menelan anggaran miliaran rupiah dari APBD Kabupaten Bekasi tahun 2016.

“Pantau proyek ini langsung dari Jakarta,” kata Koordinator Divisi Investigasi ICW, Febri Hendri, Rabu 2 Maret 2017.

Menurut ICW, pantauan tersebut dikarekan dalam pembangunan proyek Taman Sehati ada permintaan “bonus” atas pengerjaan proyek tersebut.

“Bonus itu berkisar antara 10-20 persen dari nilai proyek yang dilakukan kontraktor. Tentu kontraktor (pemborong) menjadi kekurangan dana untuk menyelesaikan pekerjaannya,” kata Febri.

Lebih lanjut Febri menyatakan, ada proyek yang disengaja “dimangkrakkan” agar pemerintah daerah kembali mengucurkan dana APBD untuk tahun berikutnya.

Dalam rangka memberikan kepuasan kepada masyarakat dalam pembangunan dan pengembangan daerah setempat seharusnya seluruh aspek dari pejabat hingga penegak hukum memberikan dukungan dan menjaga proyek dari permainan kotor oknum kepala daerah.

Dikatakannya, proyek Taman Sehati murni berasal dari dana APBD tahun 2016 oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP). Sampai sekarang proyek tersebut belum rampung.

“Padahal penyerapan anggarannya disinyalir sudah melakukan pencairan dengan progres seratus persen,” terangnya.

Proyek Taman Sehati merupakan paket dengan penataan tata ruang untuk menyambut Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2016 lalu, yakni proyek perbaikan jalan dan penataan Taman Sehati di depan Stadion Wibawa Mukti.[MET]

4.

BEKASI TOP