posbekasi.com

Koswara Terkuat Pj Wali Kota Bekasi Gantikan Tri Adhianto, Ridwan Kamil Kirim Nama Pengganti Kdh Masa Jabatan September

Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat, A Koswara MP. [Posbekasi.com /Dokumentasi]

posBEKASI.com | BANDUNG – Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat, Dedi Supandi mengatakan enam bupati dan wali kota di Jawa Barat akan mengakhiri masa jabatannya, pada 20 September 2023, termasuk Tri Adhianto yang baru dilantik menjadi Wali Kota Bekasi, Senin 21 Agustus 2023.

Selain Tri Adhianto, Wali Kota Bandung, Wali Kota Sukabumi, Bupati Purwakarta, Bupati Bandung Barat, dan Bupati Sumedang, akan digantikan oleh penjabat sampai menunggu pemilihan kepala daerah (Kdh) serentak 2024 rampung.

Dedi menyebut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sudah mengirimkan usulan nama-nama penjabat (Pj) untuk enam daerah tersebut pada Kementerian Dalam Negeri.

“Usulan penjabat juga dikirimkan oleh DPRD kabupaten/kota setempat. Pj-nya masih di godok,” kata Dedi di usai mengikuti acara pelantikan Tri Adhianto menjadi Wali Kota Bekasi sebulan sisa masa jabatan periode 2018 – 2023, di Gedung Sate, Bandung, Senin 21 Agustus 2023.

Menurut Dedi, sejumlah pejabat Pemprov Jawa Barat diusulkan oleh gubernur sebagai calon penjabat di enam daerah yakni, Kepala Dinas Perhubungan A Koswara untuk Pj Wali Kota Bekasi,  Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Bambang Tirto untuk Pj Wali Kota bandung, dan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Kusmana Hartaji untuk Pj Wali Kota Sukabumi.

Kemudian, Asisten Ekonomi dan Pembangunan M Taufiq BS untuk Pj Bupati Purwakarta, Kepala Dinas Pendidikan Wahyu Mijaya untuk Pj Bupati Bandung Barat, dan Kepala Inspektorat Jawa Barat Eni Rohyani untuk Pj Bupati Sumedang.

“Rata-rata sekda masing-masing kabupaten/kota juga ikut diusulkan. Nama-nama yang diusulkan dari gubernur, DPRD, serta Kementerian Dalam Negeri akan dibahas oleh Tim Penilai Akhir. Ada tiga usulan untuk dibahas di Tim Penilai Akhir,” sebut Dedi. [amh]

BEKASI TOP