posbekasi.com

Menelusuri Tepian Tambak Sambil Tanam Magrove di Desa Bahagia Muaragembong

Menanam bibit mangrove di tepian tambak Kampung Beting RT 003/002, Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muaragembong, Kamis 12 Januari 2023. [Posbekasi.com /Arsip Istimewa]

POSBEKASI.com | MUARAGEMBONG – Sambil menyusuri, setiap orang membawa satu batang bibit mangrove untuk di tanam di tepian tambak Kampung Beting RT 003/002, Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muaragembong. Kegiatan ini dilakukan sekelompok masyarakat dengan menanam dijadikan sebagai sarana untuk mengenal lebih jauh pentingnya ekosistem di wilayah pesisir pantai.

Tak asal tanam, bibit pohon mangrove ditanam secara tepat dengan jarak yang tidak terlalu jauh sekitar 1,5 hingga 2 meter.  Jarak tersebut sangat penting untuk pertumbuhan pohon mangrove lebih besar.

Sekretaris Desa Pantai Bahagia, Kurtubi, yang menanam pohon mangrove memberikan pemahaman cara menanam mangrove yang benar. Bahkan, dia juga mengajak untuk setiap orang bisa menanam mangrove.

“Menanam mangrove terus kita lakukan. Kita sampaikan kepada masyarakat, juga kami sosialisasikan hingga ke masyarakat luar, sekitar kabupaten bekasi,” kata Kurtubi, Kamis 12 Januari 2023.

Kurtubi juga menceritakan beberapa waktu lalu ada sekelompok mahasiswa dari kampus ternama di Cikarang turut andil dalam budidaya mangrove. Bahkan banyak para pelajar dan kelompok masyarakat Kabupaten Bekasi lain yang memilih menanam mangrove sebagai kegitan kegiatan pelestarian alam. Juga, masyarakat setempat muara gembong.[GHA]

BEKASI TOP