posbekasi.com

Empat Pilar Kebangsaan Perekat Kebhinekaan

Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, H. Syahrir, SE, M.Ipol. [Posbekasi.com /Dokumentasi]

POSBEKASI.com | CIKARANG – Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, H. Syahrir, SE, M.Ipol,  menekankan pentingnya sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan agar mampu menjadi konsepsi nasional perekat semangat Kebhinekaan.

“4 Pilar Kebangsaan memiliki peranan penting sebagai perekat konsensus bersama baik Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara, UUD sebagai konstitusi negara, Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara, maupun NKRI sebagai bentuk negara,” kata Syahrir mengingatkan pentingnya memupuk kebangsaan dalam rekat kebhinekaan, Ahad 18 Desember 2022.

Dikatakannya, semangat kebangsaan ini perlu dihidupkan karena Indonesia dengan negeri yang sangat luas lebih dari 17 ribu pulau lebih dari 500 suku bahasa.

“Ini perlu dikonsolidasikan dengan suatu konsepsi yang merupakan konsepsi nasional dan menyatukan dengan berbagai aspek keragaman dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara,” kata politisi Partai Gerindra.

Anggota Fraksi Partai Persatuan dari daerah pemilihan Jabar XI (Kabupaten Bekasi) ini mengatakan, banyak pihak yang merongrong Pancasila sebagai ideologi negara. Pancasila merupakan komitmen yang disusun para pendiri bangsa untuk menyatukan berbagai suku bangsa yang ada di Negara Indonesia.

“Baik Pancasila, UUD 1945, Pancasila juga Bhinneka Tunggal Ika itu banyak yang merongrong, banyak yang ingin mengganti, padahal inilah konsep bernegara dari para pendiri bangsa untuk menyatukan berbagai suku dari berbagai pulau di Indonesia,” terangnya.

Lebih lanjut Syahrir menyatakan beberapa tahun belakangan rasa nasionalisme masyarakat terhadap Empat Pilar Kebangsaan semakin berkurang. Berbagai faktor menyebabkan pergeseran nilai budaya seperti masuknya pengaruh luar yang cukup kuat.

“Kita dari DPRD Jabar terus berupaya menyosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan dengan harapan masyarakat bisa semakin cinta tanah air, serta mampu meneruskan cita-cita pendiri bangsa melalui karya nyata dalam kehidupan sehar-hari,” pungkasnya. Adikarya Parlemen

BEKASI TOP