posbekasi.com

Komisi II Dorong Pemerintah Segera Selesaikan Permasalahan Penurunan Kualitas Nener

Komisi II DPRD Jawa Barat kunjungi Kelompok Tani Binaan UPTD Perikanan Air Payau dan Laut Wilayah Utara, di Kabupaten Karawang, Jumat 2 September 2022. [Posbekasi.com /DPRD Jabar]

POSBEKASI.com | KARAWANG – Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat, Lina Ruslinawati, menyebutkan kelompok budidaya ikan bandeng tengah dihadapkan dengan permasalahan matinya benih ikan bandeng atau nener yang mencapai 50%.

Hal tersebut dikatakan Lina usai memimpin kunjungan kerja Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat di Kelompok Tani Binaan UPTD Perikanan Air Payau dan Laut Wilayah Utara, di Kabupaten Karawang, Jumat 2 September 2022.

Lina menambahkan, setelah pihaknya berdiskusi dengan para kelompok tani ikan bandeng ditemukan bahwa kendala yang sering dihadapi adalah terjadinya penurunan kualitas benih dan sumber daya air.

“Setelah berdiskusi dengan kelompok tani, kendala yang sering muncul di awal pengembangan budidaya benih ikan bandeng atau nener adalah penurunan kualitas benih dan sumberdaya air, seperti, ketidakstabilan lingkungan dan penerapan sistem terbuka tanpa tandon dan treatment air serta banyaknya burung pemangsa ikan-ikan kecil,” ucapnya.

Oleh sebab itu, kata Lina untuk mengatasi kendala tersebut masih diperlukan penelitian-penelitian oleh pihak UPTD dan kelompok tani maupun bekerja sama dengan pihak lain.

“Seperti yang sudah diketahui masih banyak kendala yang harus di selesaikan, kami komisi dua berharap ke depan pihak UPTD-UPTD dapat segera mengatasi permasalahan yang ada,” tutupnya. [POB]

BEKASI TOP