Bekasi Online

Pengamanan Pemilu, KPU Temui Kapolri

Pimpinan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menemui Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (23/5/2022). [Posbekasi.com /Istimewa]

POSBEKASI.com | JAKARTA – Pimpinan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menemui Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (23/5/2022). Pertemuan tersebut membahas rencana pengamanan tahapan Pemilu 2024.

Ketua KPU Hasyim Asy’ari mengatakan, Pemilu memang dilaksanakan pada 2024, tapi sejumlah persiapan mulai dilakukan sejak 2022. Sejumlah tahapan Pemilu tersebut berpotensi mendapat gangguan keamanan sehingga peran Polri sangat dibutuhkan.

“Banyak giat-giat kepemiluan yang melibatkan banyak orang. Tentu saja potensi problem keamanan juga terjadi di situ, dan juga ada kegiatan-kegiatan yang secara formil diamanahkan kepada kepolisian untuk mengawal,” kata Hasyim di Mabes Polri, Jakarta Selatan.

“Untuk mengamankan di antaranya seperti kegiatan pengadaan, kemudian produksi dan distribusi logistik, kemudian pengamanan kampanye, pengamanan giat pemungutan, penghitungan suara, sampai rekapitulasi di tingkat Nasional,” sambungnya.

Menurutnya, koordinasi dengan Polri harus dilakukan karena sudah menjadi kewenangan mereka dalam hal melakukan pengamanan. Selain keperluan keamanan, Polri juga memiliki peran penting dalam Pemilu seperti mengeluarkan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) bagi para calon peserta.

“Tentu semua kegiatan tahapan, kepolisian terlibat aktif dalam pengamanan kegiatan Pemilu dan Pilkada 2024. Banyak hal yang dalam ruang lingkup tugas kewenangan memiliki tugas kepolisian dan perlu kami komunikasikan seperti untuk keperluan pencalonan diperlukan surat keterangan catatan kepolisian untuk semua calon,” ujar Hasyim.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyambut baik kunjungan pimpinan KPU. Sigit memastikan pihaknya akan mempersiapkan rangkaian pengamanan Pemilu 2024.

“Tentunya semuanya dalam konteks dari KPU menyampaikan lebih awal terkait dengan rencana tahapan KPU yang akan diselenggarakan yang tentunya karena kita tahu bahwa pemilu tahun 2024 ini jauh lebih kompleks, karena memang dari sisi penyelenggaraan yang serentak sehingga perlu persiapan pengamanan yang lebih awal,” imbuh Sigit mengakhiri pertemuan tersebut.

Dalam kunjungan tersebut, Ketua KPU Hasyim Asy’ari turut didampingi para komisioner KPU lainnya. Selain itu, turut hadir Asops Kapolri Irjen Pol Agung Setya Imam.[COK]

BEKASI TOP