Bekasi Online

Korban Longsor Tanggul Citarum Dapat Bantuan Kasur Lipat

BPBD Kabupaten Bekasi meninjau lokasi longsor tanggul sungai Citarum di Kampung Tapak Serang, Desa Lenggahjaya, Kecamatan Cabang Bungin, Rabu 12 Januari 2022. [Posbekasi.com /IST]

POSBEKASI.com | CABANGBUNGIN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi melakukan upaya gerak cepat ke lokasi longsor tanggul sungai Citarum di Kampung Tapak Serang, Desa Lenggahjaya, Kecamatan Cabang Bungin.

BPBD telah memberikan bantuan kepada korban yang terdampak dari longsornya tanggul Citarum tersebut dan memasang rambu kebencanaan.

“Kami telah memberikan bantuan terpal, tikar, matras dan kasur lipat untuk warga yang terkena dampak dari tanggul longsor,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bekasi, Henry Lincoln, Rabu 12 Januari 2022.

Henry mengatakan bantuan itu diperuntukan bagi warga yang terdampak langsung dari longsor tanggul tersebut. Diketahui ada sekitar tiga rumah yang terkena longsoran tanggul Citarum. Di antara ketiga rumah tersebut, satu rumah mengalami rusak berat dengan kondisi atap ambruk.

“Ya betul bantuan tersebut diperuntukkan bagi tiga rumah yang terdiri dari tiga kepala keluarga,” katanya.

Sebelumnya, longsor tanggul Sungai Citarum kembali terjadi, Rabu 12 Januari 2022 dini hari, akibat hujan deras. Titik longsor tersebut berada di Desa Lenggah Jaya Kecamatan Cabangbungin dengan kedalaman longsor sekitar 3 meter dan panjang 300 meter. Pantauan dari BPBD Kabupaten Bekasi, di lokasi tersebut terjadi keretakan kembali sepanjang 15 meter.

Pihaknya menyebutkan, kondisi tanggul saat ini masih dilakukan perbaikan oleh pihak BBWSC dan pemantauan oleh BPBD Kabupaten Bekasi, Muspika Cabangbungin dan Pemerintah Desa Lenggahjaya.[GHA]

BEKASI TOP