Bekasi Online

Reza Aufa Rafiki Juara Duta Baca Kabupaten Bekasi

Kepala Disarspus Adeng Hudaya memberikan penghargaan pada Reza Aufa Rafiki juara pertama Duta Baca Kabupaten Bekasi di Cikarang Selatan, Senin 22 November 2021. [Posbekasi.com /IST]

POSBEKASI.com | CIKARANG – Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan (Disarspus) Kabupaten Bekasi, Adeng Hudaya, menyatakan pemilihan Duta Baca Kabupaten Bekasi sebagai salah satu langkah mengajak masyarakat menjadikan aktivitas membaca sebagai budaya dalam keseharian dan meningkatkan angka kunjungan perpustakaan.

“Hari ini merupakan puncak acara pemilihan Duta Baca Kabupaten Bekasi yang diikuti sebanyak 30 peserta, namun yang lolos ke tahap seleksi pemberkasan ada 15 peserta,” kata Adeng pada acara seleksi pemilihan Duta Baca Kabupaten Bekasi 2021, di Cikarang Selatan, Senin 22 November 2021.

Seleksi pemilihan Duta Baca diikuti dari berbagai wilayah di Kabupaten Bekasi memilih dua duta perwakilan dan sebagai wadah baru perpustakaan untuk bisa berkolaborasi dan bersinergi bersama Dinas Arsip dan Perpustakaan mengenai budaya gemar membaca.

Menurut Adeng, Duta Baca Kabupaten Bekasi, diharapkan bisa menjadi perwakilan Kabupten Bekasi dalam mengkampanyekan budaya gemar membaca, serta bisa mengajak generasi penerus bangsa agar mau berkunjung ke perpustakaan.

“Kami berharap kepada peserta yang nantinya terpilih menjadi Duta Baca Kabupaten Bekasi, dapat menjadi influencer, opini leader, motivator dan penggerak hati masyarakat, agar mau menjadikan aktivitas membaca sebagai budaya dalam keseharian,” ungkap mantan Camat Setu seraya mengatakan peserta yang terpilih menjadi Duta Baca Kabupaten Bekasi akan mengikuti Pemilihan Duta Baca Provinsi Jawa Barat tahun 2022.

Reza Aufa Rafiki juara pertama dalam pemilihan Duta Baca Kabupaten Bekasi sekaligus sebagai Ketua Paguyuban Duta Baca Kabupaten Bekasi tahun 2021-2023 mengatakan, upaya yang dilakukannya hingga bisa terpilih menjadi Juara 1 Duta Baca Kabupaten Bekasi tidak mudah.

“Menjadi juara memang punya gelar tersendiri, tapi amanah yang diemban adalah amanah kolaboratif antara saya dan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bekasi dalam mengkampanyekan budaya gemar membaca. Karena untuk bisa mencapai titik ini saya telah melalui beberapa proses tahapan seleksi dari berbagai penjurian,” kata Reza.

Ia mengaku, dirinya memiliki kesempatan besar untuk terus berkontribusi menyebarkan semangat literasi di era digital dan era pandemi. Sehingga bisa berkolaborasi sebagai kolektif milenial yang punya perhatian besar terhadap kesejahteraan dan kecakapan hidup masyarakat.[RIK]

BEKASI TOP