posbekasi.com

Bekasi Masuk Peta Keramaian dan Rawan Perayaan Tahun Baru

Polisi bersiaga antisipasi kerawanan. [Posbekasi.com /Dokumentasi]

POSBEKASI.com | JAKARTA –  Polda Metro Jaya telah memetakan sejumlah titik di Jakarta yang diprediksi akan terjadi keramaian Perayaan Tahun Baru 2023.

“Beberapa titik di Jakarta, kawasan Monas, Gelora Bung Karno, Bundaran HI, dan Patung Ondel-ondel, Aquarium, Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, kawasan Kota Tua, dan kawasan Pantai Indah Kapuk,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan, Kamis 29 Desember 2022.

“Lalu, kawasan Blok M, Senopati, Kemang, Ragunan, BSD, Summarecon Bekasi, dan Alam Sutera,” tambah Zulpan.

Zulpan menyebut pihaknya juga telah memetakan sejumlah kejadian yang rawan terjadi saat malam tahun baru. Kerawanan tersebut mulai dari faktor manusia dan faktor alam.

Kerawanan saat tahun baru yaitu kerumunan karena konser dan pesta kembang api. Lalu kemacetan karena konvoi dan pawai keliling. Selanjutnya, aksi kriminalitas dan konflik antar warga, seperti tawuran, pesta miras, dan konflik ormas.

Menurutnya, kerumunan itu bisa memicu lonjakan kasus Covid-19. Kerawanan lainnya yakni bencana alam, seperti banjir, kebakaran. Terakhir ialah aksi teror, seperti bom, sabotase tempat ibadah, sentra ekonomi, dan pariwisata.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya mengungkap pengamanan yang akan dilakukan pada Operasi Lilin Jaya 2022 dalam Perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Polda Metro Jaya sendiri akan menurunkan total 7.421 ribu personel dalam operasi tersebut.

“Untuk kegiatan Operasi Lilin Jaya 2022 ini, khususnya untuk wilayah hukum Polda Metro Jaya, Polda Metro Jaya akan menurunkan kekuatan pengamanan sebanyak 7.421 personel,” kata Zulpan.[ZUL]

BEKASI TOP