Bekasi Online

Camat Tarumajaya Dukung Pelestarian Kesenian Musik Tradisional Tanjidor

Tanjidor Pusaka Grup kesenian musik tradisional asli di Kampung Tikungan, Desa Segarajaya, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi. [Posbekasi.com /IST]

POSBEKASI.COM | TARUMAJAYA – Camat Tarumajaya Dede Mauludin kunjungi salah satu grup kesenian musik tradisional asli Betawi yaitu Tanjidor Pusaka Grup, di Kampung Tikungan, Desa Segarajaya, Kecamatan Tarumajaya. Dede Mauludin didampingi tokoh budayawan setempat, Eyang Anjar dan berdialog langsung bersama sejumlah personil Tanjidor Pusaka Grup.

Tanjidor Pusaka Grup memiliki 10 personil dan merupakan satu-satunya kesenian lokal asli Tarumajaya yang telah memasuki generasi kelima, namun masih mampu bertahan di era modern.

“Kunjungan ini sebagai bentuk perhatian khusus kepada para seniman. Tentunya kita tidak boleh lupa budaya kita sendiri yang masih ada, kalau bukan kita siapa lagi,”  kata Dede dikutip dari keterangannya, Jumat (3/9/2021).

Dalam kunjungan tersebut Dede memberikan bantuan operasional  diterima langsung Bekong selaku Pimpinan Tanjidor Pusaka Grup. Bantuan sebagai bentuk dukungan moril serta perhatian dalam upaya pengembangan pelestarian aset budaya yang masih ada di Kecamatan Tarumajaya.

“Saya apresiasi melihat semangat mereka, dengan kondisi yang ada saat ini, mereka mampu bertahan dan masih memiliki semangat yang kuat,” tutur Dede.

Ke depan kata Dede akan memberikan fasilitas operasional rutin guna mendukung proses pelatihan hingga dapat menciptakan regenerasi baru.

Sementara Bekong berharap pemerintah daerah terus memberikan dukungan dan perhatian terhadap kesenian tradisional serta pembinaan lanjutan untuk generasi mendatang.

“Kami berharap, pembangunan di daerah tidak hanya terfokus dengan pembangunan fisik semata, melainkan dibarengi pembangunan jati diri dari aset budaya kita yang masih ada,” kata Bekong.[RIK]

BEKASI TOP