posbekasi.com

BPBD Edukasi Kebencanaan, Banjir Bekasi Jadikan Pembelajaran

Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja saat meninjau banjir di Kecamatan Pebayuran, Selasa (23/2/2021). [Posbekasi.com /FB Bang Eka]
POSBEKASI.COM | CIKARANG – Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Bekasi, Muhammad Said berharap banjir tahun 2021 jadi pembelajaran semua pihak, khususnya masyarakat dan semua pemangku kepentingan di Kabupaten Bekasi.

“Langkah antisipasi dan kesiapsiagaan menjadi salah satu yang akan terus dilakukan. Salah satunya melalui edukasi dan pelatihan kebencanaan,” kata Said dikutip dalam keterangannya, Rabu (23/3/2021).

Menurutnya, banyaknya relawan di Kabupaten Bekasi harus dibekali dengan keahlian yang cukup agar mereka siap siaga menangani dampak dari bencana. “Pemkab Bekasi melalui BPBD, siap memberikan edukasi dan mensupport kegiatan pelatihan kebencanaan,”ucapnya.

KLIK : 15 Ribu Lansia Divaksinasi Serentak

Lebih lanjut Said menyatakan masyarakat Kabupaten Bekasi yang sebagian wilayahnya sering terkena banjir, perlu mendapatkan edukasi agar ketika bencana datang, mereka bisa bersinergi dan bergotong-royong menanggulangi bencana.

“Mereka perlu dibekali pengetahuan yang cukup tentang tatacara penanganan kebencanaan. Hal seperti ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat,” ungkapnya.

Diketahui, banjir yang melanda Kabupaten Bekasi pada akhir Februari lalu melanda 90 desa di 20 kecamatan, dengan 156 titik banjir dan jumlah warga terdampak sekitar 20 ribu kepala keluarga.[NRL]

BEKASI TOP