Bekasi Online

Kali Cikeas – Cileungsi Kembali Berbusa

BPBD Kota Bekasi melakukan penelusuran Daerah Aliran Sungai (DAS) Kali Bekasi, Kamis (26/11/2020).[POSBEKASI.COM BPBD Kota Bekasi]
POSBEKASI.COM | BEKASI – Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat menggelar patroli bersama Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi menelusuri Daerah Aliran Sungai (DAS) Kali Bekasi, yang kembali ditutupi buih (berbusa), selama dua hari 26 – 27 November 2020.

Kali Prisdo Kota Bekasi kembali berbuih bersumber dari pembuangan limbah di Hulu Kabupaten Bogor. Sedangkan air Sungai Cileungsi didapati sudah ada perubahan warna air yang cukup pekat dan bau menyengat.

Dari tahun ke tahun, kejadian serupa selalu terulang di perbatasan antara Kabupaten Bogor dan Kota Bekasi. Dimulai perubahan warna air Kali Bekasi di daerah pangkalan 5, atau di Pangkalan 6 sudah berbusa karena terjadi turbulensi sirkulasi air terjun curug parigi yang berlokasi di Jalan Rajawali, Kelurahan Cikiwul, Kecamatan Bantargebang.

Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi juga melihat kejadian ini disebabkan karena curah hujan yang cukup tinggi.

Air Kali Bekasi kemudian tidak langsung berbusa dan mengalir terus sampai pintu air kali Bekasi (Prisdo) maka terjadi sedimentasi dan berbusa.[ISH]

BEKASI TOP