Kapolda Pimpinan Penanaman Seribu Pohon di Hutan Kota Kemayoran

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sujana memimpin penanaman seribu pohon dan melepas 2 ribu ikan, di kawasan Hutan Kota, Kemayoran, Jakarta Utara, Jumat (10/1/2019).[POSBEKASI.COM /M Irsyam]

POSBEKASI.COM | JAKARTA – Antisipasi banjir dan pemanasan global, jajaran Polda Metro Jaya bersama TNI dan pemerintah daerah menanam seribu pohon dan melepas 2 ribu ikan, di kawasan Hutan Kota, Kemayoran, Jakarta Utara, Jumat (10/1/2019).

Kapolda Metro Jaya, Irjen Nana Sujana menyebut penanaman pohon itu merupakan bagian dari program ‘Polri Peduli Penghijauan’ yang diinisiasi Kapolri Jenderal Idham Azis.

“Kita tahu di Jakarta ini kita disibukkan setiap tahun banjir yang belum mampu kita kendalikan, belum mampu kita kelola. Tapi kita yakin kita berupaya maksimal,” kata Nana.

“Semakin banyak tanam pohon, pohon bisa serap air minimal gitu, pohon itu bisa serap polusi udara. Di Jakarta polusi bisa dikatakan darurat dengan polusi tapi dengan banyaknya pohon. Co2 (karbon dioksida) bisa diserap pohon ini. Itu tujuan Polri dan juga dari TNI sudah melakukan hal yang sama,” tambahnya.

Acara penanaman pohon itu juga diikuti oleh personel TNI dan dihadiri oleh Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko. Setelah menanam pohon, Irjen Pol Nana langsung melepas ikan-ikan ke danau.

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Budhi Herdi menyebut pepohonan yang ditanam dari jenis yang berbeda-beda. Pohon itu merupakan pohon buah yang jika berbuah dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar.

“1.000 pohon terdiri dari jambu, sirsak, matoa, mahoni, jati dan lain-lain. Pohon ini sumbangan atau bantuan dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Selain menanam pohon juga akan lepas bibit ikan 2 ribu ekor bantuan dari Wali Kota Jakarta Utara,” kata Budhi.

Setelah menanam pohon dan menebar bibit ikan, pihak Polda Metro Jaya mendapat rekor Muri Indonesia. Rekor Muri itu dilakukan karena kegiatan penanaman pohon dalam jumlah banyak di lokasi itu.

Rekor Muri Indonesia itu diberikan langsung oleh Wakil Direktur Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) Indonesia, Oesman Semesta Susilo dan diterima langsung oleh Kapolda Metro Irjen Nana. Rekor itu berbentuk piagam dan diserahkan usai acara penanaman pohon dan pelepasan ikan.

“Hari ini Museum Rekor Indonesia memberikan penghargaan dengan penamaan pohon,” kata Oesman saat memberikan penghargaan kepada Kapolda Metro Jaya. [SYM]

Pin It

Comments are closed.