Polda Metro Luncurkan Aplikasi Edvometro

Bidang Hukum Polda Metro Jaya resmi meluncurkan Aplikasi Edvometro, Selasa (3/2/2019).[Posbekasi.com/COK]

POSBEKASI.COM | JAKARTA – Bidang Hukum (Bidkum) Polda Metro Jaya resmi melaunching aplikasi Elektronik Advokasi Polda Metro Jaya (Edvometro) dan Legal Drafter di Gedung Promoter, Selasa (3/9/2019).

Direktur Bidkum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Viktor T Sihombing mengatakan Edvometro merupakan tuntutan pekerjaan dan permasalahan di bidang hukum yang semakin tinggi, sementara jumlah personil masih terbatas.

“Aplikasi Edvometro dalam tugas-tugas pokok di bidang hukum dalam pendampingan, saran hukum dan koreksi hukum. Upaya pembinaan di bidang hukum, disamping keterbatasan personil,” kata Kombes Viktor disela-sela peluncuran aplikasi Edvometro di Mapolda Metro Jaya, Selasa (3/9/2019).

Menurutnya, aplikasi ini berisi berbagai macam fiktur-fiktur dan diskusi permasalahan hukum. Merubah laporan yang bersifat konvesional ke laporan digital.

“Swbagaimana disarankan laporan dalam waktu 14 hari yang disampaikan pemohon, proses bisa cepat selesai. Walau laporan melalui proses tidak muda dan memakan waktu,” jelasnya.

Lebih lanjut Kombes Viktor menyatakan data kasus pra peradilan tiap tahun terus meningkat. Pra peradilan tahun 2016 sebanyak 87 perkara, tahun 2017 sebanyak 98 perkara dan tahun 2018 tercatat 147 perkara.

“Pada tahun 2018 Bidkum Polda Metro Jaya mencatat pelaporan dan saran hukum yang ditangani mencapai 219 laporan,” ujar Kombes Viktor.

Sedangkan tugas Bidkum terkait legal drafter mengharmoniskan dan sinkronisasi peraturan. Verifikasi MOU dan PKS. Koreksi terhadap produk-produk hukum.

“Pemahaman dan pengharmonisasian pembentukan peraturan perundang-undangan, serta teknis penyusunan peraturan kepolisian,” terangnya.

Hasilnya meningkatkan kualitas produk hukum yang bisa menjadi pedoman dalam mendukung tugas pokok kepolisian.

Sedangkan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono meapresiasi Direktorat Bidkum atas peluncuran aplikasi ini yang merupakan pertama kali bidang hukum untuk wilayah Polda seluruh Indonesia.

Kapolda juga menyampaikan bahwa Bidkum termaksud merupakan 3 prioritas program Kapolri yang terdapat dalam 11 program promoter.[COK]

Pin It

Comments are closed.