Ustadz Mantan Jenderal Polisi Ajak Umat Muhasabah

Ustadz H Moch Arifin Rachim bersama jamaah kajian rutin di Mushola Al-Farouq, Perumahan Taman Juanda, Kota Bekasi, Ahad (25/8/2019) pagi. [RIS]

POSBEKASI.COM | KOTA BEKASI – Mantan Kapolda Riau dan Kapolda Jambi Ustadz H. Irjen Pol (Purn) Moch Arifin Rachim, SH, mengajak masyarakat khususnya umat muslim bermuhasabah atau intropeksi diri memasuki bulan Muharam.

“Mendekati bulan Muharam, adalah waktu yang tepat untuk muhasabah atau intropeksi diri. Muhasabah yang utama adalah seharusnya kita faham bahwa tujuan manusia dimuka bumi ini adalah untuk beribadah kepada Allah SWT,” kata Ustadz Arifin dalam kajian rutin di Mushola Al-Farouq, Perumahan Taman Juanda, Kota Bekasi, Ahad (25/8/2019) pagi.

Ustadz mengutip Quran surat Ad Dzariat ayat 56 yang artinya; “Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.”

Pengabdian ini ada batasnya yaitu maut atau mati maka kita harus siapkan BPJS, BPJS disini artinya bekal persiapan jelang sakaratul.

Menurutnya, manusia perlu muhasabah atau intopeksi 4 hal, yaitu umur, ilmu, harta dan raga.

Intropeksi kepada umur kita lanjut Ustadz Arifin, apakah usia kita sudah digunakan dalam kebaikan. Intropeksi kepada ilmu, terutama ilmu agamaa, apakah ilmu itu menjadikan kita semakin taat.

“Intropeksi harta, diperoleh dari mana dan dipergunakan untuk apa harta kita. Intropeksi raga atau jasmani, apakah raga ini dipergunakan untuk kebaikan,” kata Ustadz Arifin. [RIS]

Pin It

Comments are closed.