FIFO SIM Polrestro Bekasi Masuk MURI

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pranomo menerima penghargaan MURI Inovasi FIFO Integrated System Polres Metro Bekasi saat meresmikan gedung baru Satpas SIM Polrestro Bekasi di Deltamas Cikarang, Kamis (22/8/2019).[RIK]

POSBEKASI.COM | KABUPATEN BEKASI – Inovasi pelayanan SIM FIFO Polres Metro Bekasi FIFO yang Integrated System atau sistem antrean first in first out terintergrasi mendapat penghargaan MURI.

Penghargaan MURI itu diterima karena pelayanan lebih efisien, tepat dan cepat kepada masyarakat saat peresmian gedung Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Polres Metro Bekasi yang memiliki FIFO Integrated System atau sistem antrean first in first out terintergrasi.

Dengan sistem ini seluruh informasi seperti berapa jumlah pemohon SIM yang hadir, pemohon yang lulus dan tidak, serta jumlah Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNPB) hari itu juga akan diketahui secara langsung (real time).

“Ini sesuai apa yang disampaikan Presiden, sebagai amanat UUD tentang pelayanan publik. Pelayanan publik berkualitas, cepat, tepat, terjangkau dan akurat,” kata Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri saat meresmikan gedung baru Satpas SIM Polres Metro Bekasi di Deltamas Cikarang, Kamis (22/8/2019).

Selain itu, terobosan baru pada SIM yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi lainnya seperti e-Money. Smart SIM ini, juga bisa diisi ulang digerai mini market seperti Alfamart atau Indomart, dengan maksimal saldo Rp2 juta. Layaknya e-Money, SMART SIM juga dapat digunakan untuk membayar tol dan naik transportasi umum seperti KRL.

Sementara, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pranomo menyatakan kehadiran Inovasi ini dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Tadi kita melihat peresmian satpas SIM di sini program yang terpusat dari Korlantas polri dan Alhamdulillah di sini yang pertama yang menjadi FIFO. Mudah-mudahan akan memberikan kemudahan kemudahan kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Bekasi. Ini merupakan dalam program promoter Bapak Kapolri, salah satunya itu dalam peningkatan kinerja adalah peningkatan pelayanan publik pelayanan publik yang berbasis IT,” ucap Gatot.

Kapolres Metro Bekasi, Kombes Pol Candra Sukma Kumara mengatakan keunggulan SIM dengan FIFO ini adalah sistemnya yang terintegrasi. “FIFO diterapkan pertama kali di Satpas SIM Polrestro Bekasi pertama kali, karena dianggap paling siap. Karena memang Satpas Polres Metro Bekasi akan menjadi prototype dari pengelolaan Satpas,” kata Candra.[RIK/POB]

Pin It

Comments are closed.