Polda Metro Persilahkan Ormas Ikut Patroli Pemilu Bersama

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono.[DOK]

POSBEKASI.COM | JAKARTA – Polda Metro Jaya terus mengantisipasi dan mewaspadai terjadinya gesekan berpotensi konflik pada Pemilu serentak 2019, meningkatkan patroli menjelang 17 April mendatang bersama TNI.

Polda Metro akan kembali membentuk Satgas Nusantara dan Tekab (Tim Khusus Anti Bandit) yang sebelumnya dibentuk untuk mengamankan Pilkada serentak 2018 lalu.

“Ada namanya operasi rutin yang ditingkatkan. Dari operasi rutin itu artinya bahwa ada kemarin kita membentuk Tekab. Itu sudah ada Tekab kita bentuk,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono, di Mapolda Metro Jaya, Senin 1 April 2019.

Argo juga mempersilahkan ormas untuk ikut berpatroli dalam rangka pengamanan jelang Pemilu.

“Misalnya, ada ormas pun yang mau ikut boleh untuk patroli. Patroli untuk mengamankan Jakarta ini. Ya artinya biar kita bersama-sama dengan warga masyarakat untuk patroli di wilayah Jakarta,” ungkap Argo.

Namun lanjut Argo, ormas yang ingin ikut patroli diwajibkan berkoordinasi dengan polisi dan membuat terlebih dulu. “Misalnya mengirim surat mau ikut, boleh. Tapi nanti juga kita sortir yang bisa (ikut) siapa,” terangnya.

Terkait Satgas Nusantara akan fokus pada kegiatan-kegiatan humanis dan mengajak masyarakat agar bijak menghadapi perbedaan pilihan guna menghindari potensi konflik di tengah masyarakat.

“Satgas Nusantara itu berkaitan dengan kegiatan-kegiatan yang humanis yang kita lakukan dengan masyarakat. Namanya perbedaan itu wajar, perbedaan dalam suatu pemilihan itu wajar. Tapi kewajaran itu juga harus kita tindak lanjuti juga jangan sampai ada konflik. Makanya, pihak kepolisian dengan sistem yang ada kita bagaimana demokrasi ini tidak cidera. Macam-macam kegiatan sudah kita lakukan dengan masyarakat,” ujarnya.[COK]

Pin It

Comments are closed.